Sering Duduk dengan Menyilangkan Kaki? Ini Resikonya.

19 Oktober 2017 Artikel Kesehatan


Tanpa kita sadari dan sering kita remehkan bahwa banyak penyakit yang timbul karena kebiasaan yang sering kita lakukan sehari-hari. Kita tak pernah tahu bahwa justru kebiasaan tersebut akan menimbulkan penyakit, baik untuk saat ini maupun masa yang akan datang. Contohnya duduk dengan menyilangkan kaki terlalu lama. Sepintas duduk dengan kaki bersilang tidak akan memberikan efek buruk terhadap kesehatan. Biasanya, kebanyakan wanita sangat senang menyilangkan kakinya ketika duduk. Bahkan kebiasaan ini sudah menjadi hal yang dilakukan tanpa sadar. Memang duduk jadi terasa lebih nyaman dan anggun, namun ternyata sebaiknya anda tidak menjadikan duduk seperti ini sebagai kebiasaan. Posisi duduk dengan kaki menyilang ternyata bisa memberikan dampak negatif dan kurang baik terhadap kesehatan kita.

Bila dilakukan terus-menerus, kebiasaan ini justru akan merugikan anda. Utamanya dalam fungsi tulang. Akibat terlalu sering duduk dengan kaki menyilang, postur tubuh menjadi kurang bagus karena perlahan-lahan tulang membentuk huruf C. Bentuk ini akan memperburuk kondisi tubuh wanita, karena wanita yang sering duduk dengan kaki menyilang akan mendapatkan postur pundak menyamping dan pundak condong ke satu sisi.

Penelitian menemukan bahwa kebiasaan ini dapat mengakibatkan varises, yaitu pembengkakan pembuluh darah yang bisa menghambat aliran darah. Varises paling sering ditemukan pada wanita tua yang punya banyak anak. Kondisi ini bisa berbahaya karena dapat memblokir aliran darah menuju jantung. Para peneliti sebenarnya belum menentukan dengan pasti bahwa menyilangkan kaki dapat langsung mengarah ke varises.

Namun mereka percaya bahwa ada 2 faktor yang bisa menjadi pemicunya.
Pertama, menyilangkan kaki dapat menekan pembuluh darah yang bisa berkontribusi memicu munculnya varises. Kedua, ada beberapa efek samping lain yang ditemukan dari kebiasaan ini sehingga membuat para dokter menghimbau untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Beberapa dokter percaya bahwa menyilangkan kaki dapat menyebabkan komplikasi pada tubuh bagian bawah.

Selain itu, keluhan sakit leher dan sakit punggung juga bisa mengganggu mereka yang sering duduk dengan kaki menyilang. Keluhan ini akan terjadi pada satu sisi tubuh saja. Kaki yang bertumpu pada satu kaki yang lain juga bisa menghambat peredaran darah di wilayah yang tertindih tersebut. Jadi bila anda sering melakukan posisi duduk dengan kaki menyilang, tidak ada salahnya sesekali memijat kaki untuk lebih memperlancar peredaran darah.

Posisi duduk dengan kaki menyilang seringkali dianggap anggun, cantik dan berkelas. Meskipun sebenarnya duduk seperti ini pun tidak terlalu direkomendasikan. Mungkin dengan informasi ini menjadi bermanfaat , untuk lebih bijak dalam duduk, dan tidak menjadikannya sebagai kebiasaan setiap kali duduk.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)