Sering Berkeringat Dingin di Malam Hari? Hati-Hati!

30 Oktober 2016 Artikel Kesehatan


Ketika cuaca panas, secara alami tubuh akan mengeluarkan keringat dan ini merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, jika Anda terus-menerus mempunyai keringat yang berlebihan pada malam hari padahal cuaca tidak sedang panas, berhati-hatilah. Bisa jadi ini menandakan ada berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh Anda. Anda harus mengetahui penyebab berkeringat dingin yang sering terjadi. Jika itu memang sebagai tanda dari suatu penyakit, Anda bisa mendapatkan penanganan dengan baik dan segera. Beberapa penyakit yang dihubungkan dengan keringat dingin diantaranya, pneumonia, kanker kelenjar getah bening dan lainnya.

Nah, berikut beberapa penyebab berkeringat dingin di malam hari yang perlu di ketahui:
1. Efek samping dari obat-obatan

Ada beberapa jenis obat tertentu yang mempunyai efek samping seperti mengeluarkan keringat dingin yang berlebihan. Misalnya pil penenang, obat diabetes dan obat demam yang biasanya menyebabkan keluar keringat yang berlebihan. Untuk meminimalisir efek dari obat-obatan itu, lebih baik Anda konsultasikan ke dokter.

2. Kadar gula darah rendah
Ketika tubuh mengalami kadar gula darah rendah akan menimbulkan keringat berlebih di malam hari, terutama saat tidur. Sebab, ketika Anda kadar gula darah menurun dan kalau cadangan gula rendah maka, tubuh akan mengeluarkan keringat. Jadi, bagi Anda yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, harus tahu penyebab berkeringat dingin yang Anda alami.

3. Gejala dari penyakit kanker
Meski tidak selalu benar, tapi nyatanya keringat dingin di malam hari merupakan tanda yang sering dialami oleh penderita kanker, salah satunya adalah kanker darah atau limfoma. Apabila berkeringat dingin ini dibiarkan tanpa adanya tindakan, memungkinkan penyakitnya bertambah parah. Akan lebih baik jika Anda periksa ke dokter.

4. Kelebihan hormon tiroid
Hormon tiroid merupakan hormon yang sangat penting bagi tubuh sebab dapat memberikan dampak untuk setiap sel dan organ. Nah, ketika Anda mengalami keringat dingin yang terus-menerus, bisa jadi sebagai pertanda terjadi kelebihan hormon dalam tubuh. Bila tubuh kelebihan hormon tiroid akan menyebabkan sesuatu yang ada di dalam tubuh berfungsi lebih cepat dari keadaan normalnya. Bahkan bisa sampai mempercepat fungsi jantung yang berarti membuat kinerja seluruh organ tubuh menjadi kacau. Itu bahaya berkeringat dingin dimalam hari jika di biarkan.

Itulah beberapa penyebab berkeringat dingin di malam hari. Kalau memang sering dialami, berarti ada yang salah pada tubuh Anda dan perlu Anda cari tahu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)