Sendawa, Normalkah Terjadi?

5 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Setiap orang, tidak terbatas usia, pasti pernah mengalami saat tanpa sengaja mengeluarkan suara keras "Errrghh..." dari mulut setelah selesai makan atau minum soda bersama teman-teman atau rekan kantor? Mungkin hal ini semua orang pernah, sebab hal ini normal-normal saja. Tetapi itu mungkin menjadi salah satu momen yang membuat wajah Anda merah karena malu. Memang sih, sendawa seringkali menjadi yang memalukan. Tetapi hal ini sangat wajar terjadi.

Sendawa adalah salah satu hal sehat yang terjadi pada tubuh. Ketika Anda makan dan minum maka Anda bukan hanya menelan makanan dan minuman saja, tetapi juga udara yang masuk ke mulut. Nah, udara yang masuk ke mulut mengandung gas berupa oksigen dan nitrogen.

Kemudian saat Anda menelan gas ini bersama minuman atau makanan, maka perut akan penuh, sehingga kedua gas ini akan tertekan dan perlu dikeluarkan. Dan akhirnya jalan keluarnya ada dua, yaitu dari mulut serta dari anus. Yang dinamakan sendawa yaitu ketika gas keluar dari mulut.

Gas juga bisa disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu seperti misalnya ubi dan minuman bersoda. Dengan minuman bersoda atau berkarbonasi juga memiliki tambahan gas, misalnya karbon dioksida maka tidak heran jika Anda lebih sering bersendawa setelah minum itu karena gas akan terbentuk di perut, lalu berakumulasi dan menekan keluar.

Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang sendawa, sebab itu adalah cara sistem pencernaan mengatur dan memproses makanan agar Anda tidak merasa kembung dan sakit perut. Tetapi hanya saja memang sendawa dianggap kurang sopan jika dilakukan di tempat umum atau di hadapan banyak orang.

Cara mengatasi sendawa agar cepat berhenti yaitu cukup mudah. Cobalah untuk meminum air putih atau air es. Dengan air putih ini diketahui dapat menghentikan sendawa yang berlebihan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)