Sembuhkan Masalah Kulit dengan yang Satu Ini!

14 November 2014 Artikel Kesehatan


Selain sebagai bahan bumbu dapur yang pastinya cukup berpengaruh dalam cita rasa sebuah masakan. Kunyit juga memiliki banyak manfaat atau khasiat bagi kita manusia. Dalam tanaman kunyit terkandung senyawa kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin serta zat- zat manfaat lainnya, seperti mnyak asiri / volatil oil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium.

Kunyit memiliki sifat anti bakteri yang hadir di dalam curcumin. Curcumin juga mempunyai manfaat untuk mengurangi rasa sakit di sendi, mengurangi peradangan, dan menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker. Tidak hanya itu, ternyata kunyit juga mempunyai manfaat untuk merawat kulit Anda.

Berikut beberapa manfaat kunyit untuk perawatan kulit:
1. Keriput

Kunyit ternyata juga ampuh untuk mengurangi keriput dan garis halus di wajah. Caranya adalah dengan membuat masker yang terdiri dari campuran kunyit, tepung beras, susu, dan jus tomat.

2. Penuaan dini
Kunyit mampu memperlambat penuaan dini. Anda tinggal mencampurkan bubuk kunyit dengan susu atau yogurt. Lalu pijatlah wajah Anda dengan gerakan melingkar menggunakan ramuan tersebut.

3. Jerawat
Sifat anti septik dan anti bakteri yang ada di dalam kunyit baik untuk mengobati jerawat. Anda dapat membuat masker yang terbuat dari campuran kunyit dan air jeruk nipis. Oleskan dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Bekas jerawat
Untuk mengurangi bekas jerawat, oleskan campuran kunyit dan air di atas wajah Anda, setelah itu bilas.

5. Menghilangkan noda
Noda membandel di wajah Anda juga dapat Anda hilangkan dengan campuran bubuk kunyit dan air jeruk nipis. Oleskan dan biarkan mengering di wajah Anda kemudian bilas dengan air hangat.

Anda sering menemui masalah kulit? Maka jangan ragu untuk mempraktikkan tips ini.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)