Sembuhkan Gusi Berdarah dengan Bahan Alami Ini

2 Desember 2019 Artikel Kesehatan


Menjaga dan merawat gigi merupakan pekerjaan penting setiap hari yang harus dilakukan untuk tetap menjaga kesehatan gigi tetap optimal. Kesehatan gigi dan mulut selalu identik dengan gusi. Gusi merupakan tempat tumbuhnya gigi yang tidak pernah luput dari gangguan seputar gigi. Banyak orang yang sering mengalami pembengkakan gusi akibat sisa makanan yang terselip diantara gigi atau karena gigi berlubang dan tersimpan didalam gigi kemudian ditusuk atau dicungkil dengan menggunakan tusuk gigi yang tanpa disadari dapat mengenai gusi dan semakin memperlebar kuman dan bakteri berkembang biak kemudian timbullah sakit gigi.

Masalah yang utama yang sering dihadapi pada penderita sakit gigi berawal dari gusi. Gusi berdarah tampak seperti masalah kesehatan yang sepele. Namun sebaiknya jangan remehkan gusi berdarah. Gusi berdarah bisa disebabkan oleh bakteri yang mengeluarkan racun dan bisa menyebabkan peradangan serta rasa sakit. Racun yang dikeluarkan oleh bakteri ini juga bisa merusak dinding pembuluh darah, jaringan, dan organ dalam. Karena itu, gusi berdarah harus lekas disembuhkan.

Jika mengalami gusi berdarah, Anda bisa menggunakan dua bahan alami untuk menyembuhkannya, yaitu menggunakan ekstrak chamomile dan buah delima. Peneliti dari Paraiba State University, Brazil, telah menemukan bahwa ekstrak delima dan chamomile bisa membantu menyembuhkan gusi berdarah. Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 56 pasien yang mengalami gusi berdarah.

Partisipan dibagi menjadi tiga kelompok yang masing-masing berkumur menggunakan ekstrak tersebut dua kali sehari selama 15 hari. Satu kelompok berkumur menggunakan ekstrak chamomile, kelompok lainnya berkumur dengan ekstrak delima, dan kelompok ketiga berkumur menggunakan chlorhexidine. Semua pasien mengalami gusi berdarah pada hari pertama penelitian. Selanjutnya mereka diperiksa pada hari ketujuh dan hari ke-15.

Peneliti menemukan bahwa kedua ekstrak itu memiliki khasiat yang sama untuk menyembuhkan gusi berdarah. Ekstrak chamomile dan delima mengandung efek anti mikroba yang bisa menghilangkan bakteri mulut yang berbahaya. Beberapa di antaranya adalah streptococcus mitis dan streptococcus sangus yang bisa menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah dan jaringan.

Chamomile juga mengandung flavonoid dan terpenoid yang bisa mencegah peradangan. Sementara delima mengandung antioksidan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Khasiat keduanya bahkan mengalahkan efek chlorhexidine untuk menghentikan pendarahan pada gusi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)