Selesai Makan Langsung Tidur? Ini Efek Buruknya!

11 Juni 2013 Artikel Kesehatan


Nasihat orang tua zaman dulu kala bahwa sehabis makan tidak boleh langsung tidur. Apa yang terjadi jika sehabis makan anda langsung pergi tidur? Ketika perut kenyang kebanyakan orang akan merasa mengantuk dan tak jarang langsung tidur. Tak hanya bisa menimbun lemak, langsung tidur setelah makan bisa mengakibatkan hal buruk pada tubuh.

Langsung tidur setelah makan dapat menyebabkan tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan terakhir yang masuk ke perut, dan hal ini bisa menyebabkan masalah. Mulai dari gangguan pencernaan hingga resiko stroke.

Berikut beberapa bahaya yang terjadi jika langsung tidur setelah makan:

1.Berat badan naik. Kebiasaan anda makan larut malam akan menyebabkan penumpukan lemak yang berlebih. Jadi saat anda merasakan kelaparan pada tengah malam, Cobalah untuk mengkonsumsi cemilan seperti salad, buah yang tentu sudah disarankan dibandingkan dengan pizza, mie, atau pun nasi.

2.Refluks asam. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau refluks asam terjadi karena katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk kembali ke tenggorokan, yang menyebabkan sensasi terbakar. Berbaring ke sisi kanan setelah makan dapat memperburuk kondisi ini.

3.Rasa panas di dada. Pada saat posisi tubuh beristirahat maupun tidur, dalam sistem seperti pencernaan ternyata terjadi proses kerja yang lebih keras. Dengan setelah makan anda tidur maka akan menyebabkan kadar asam pada lambung dan menimbulkan sakit maag. Dan kadang-kadang malah menyebabkan terasa panas pada di dada, perut, bahkan tenggorokan.

4.Stroke. Hasil sebuah penelitian yang dilakukan University of Ioannina, Yunani, menemukan bahwa perilaku segera tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko kita mengalami serangan stroke. Penelitian yang melibatkan 500 responden orang sehat menemukan bahwa orang yang memiliki jeda paling lama antara makan dan tidur mempunyai risiko terendah untuk mengalami stroke.

Ada dua teori yang bisa menjelaskan hasil penelitian ini. Pertama, refluks asam yang terjadi bila kita segera tidur setelah makan mungkin meningkatkan terjadinya apnea tidur atau nafas terhenti selama tidur yang bisa menyebabkan serangan stroke. Teori kedua mengemukakan, stroke bisa terjadi disebabkan oleh kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke.

Jadi buat yang terbiasa langsung tidur setelah makan, sebaiknya hindari kebiasaan ini. Ternyata, ada bahayanya ketika kita langsung tidur setelah makan. Kapan sebaiknya kita bisa tidur setelah makan? Yang terbaik adalah dua jam sesudahnya.

(Dikutip dari berbgai sumber)