Selain Penyedap Masakan, Ini Dia 5 Manfaat Lain dari Daun Salam

8 November 2018 Artikel Kesehatan


Jika biasanya Anda menggunakan daun salam sebagai bahan pelengkap masakan dan pengharum masakan seperti sayur atau olahan daging, rupanya daun salam menyimpan sejuta manfaat kesehatan untuk tubuh. Bahkan daun salam juga dipercaya mampu mengobati segala jenis penyakit mulai dari darah tinggi, diare dan masih banyak lagi.

Hal ini karena beberapa kandungan pada daun salam seperti antioksidan dan flavonoid. Daun salam juga memiliki zat bermanfaat seperti mineral, potasium, kalsium, mangan, selenium, zat besi, dan tembaga.

Nah, apa saja sih manfaat dari daun salam selain menjadi penyedap masakan? Simak ulasan berikut 5 manfaat kesehatan dari daun salam.

Mengobati Kencing Manis

Kencing manis atau banyak masyarakat setempat mengatakannya dengan anyang-anyangan tentu akan sangat mengganggu aktivitas harian. Atasi dengan air rebusan daun salam. Caranya, rebuslah daun salam dengan 4 gelas air dan biarkan hingga tersisa 1 1/2 gelas. Minumlah setiap hari sebelum makan secara rutin.

Menghentikan Diare

Daun salam juga mampu meredakan penyakit diare. Konsumsi secara rutin daun salam atau air rebusan daun salam tentu akan meredakan diare Anda. Jika Anda melihat bahan baku pada kemasan obat diare, tentu di sana akan terdapat daun salam. Anda bisa lakukan di rumah dengan membuat sendiri tanpa membeli obat. Rebus hingga matang, lalu diamkan hingga dingin dan konsumsi minimal 2x sehari.

Menyembuhkan Hipertensi / Tekanan Darah Tinggi

Tak hanya masalah diare, daun salam juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Zat tanin dan flavonoida pada daun salam terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya yaitu dengan merebus daun salam dengan 3 gelas air dan biarkan sampai tersisa 1 gelas. Minumlah secara teratur tiap pagi hari.

Memutihkan dan Membersihkan Gigi

Daun salam juga bisa digunakan sebagai pasta gigi secara alami. Caranya: Siapkan daun salam dan kulit jeruk yang sudah dikeringkan. Ke-2 bahan tersebut ditumbuk halus dan tambahkan air hingga berbentuk pasta. Pakailah sebagai pasta gigi.

Menyembuhkan Asam Urat

Vitamin B kompleks dan vitamin C yang terkandung dalam daun salam mampu mengobati asam urat. Caranya: Daun salam yang sudah kering direbus dengan 1 liter air dan biarkan sampai tersisa 700 cc. Minumlah secara teratur tiap pagi dan sore hari setiap hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)