Selain Melegakan Dahaga, Es Batu Bisa Merawat Kulit Lho...

17 Juli 2013 Artikel Kesehatan


Seperti yang kita tahu, benda padat yang dingin atau lebih dikenal dengan es biasa akrab dengan minuman-minuman yang segar apalagi dinikmati saat musim panas. Es memang memberikan rasa segar tersendiri ketika kita merasa haus. Dengan memberikan es ke minuman membuat kebanyakan orang enggan untuk melepas rasa dingin yang ditawarkan dari es ini sendiri

Namun es tidak hanya bermanfaat untuk pelepas dahaga tapi juga bisa bermanfaat bagi kesehatan kulit terutama dibagian wajah. Mengapa bisa? Karena salah satu dari manfaat dinginnya es adalah mengecilkan pori - pori kulit termasuk wajah sehingga wajah terlihat segar. Namun tidak hanya itu saja kegunaan es untuk kulit. Berikut kegunaan lain yang ditawarkan oleh es untuk kesehatan kulit.

1. Menghilangkan bulu atau rambut-rambut wajah

Percaya atau tidak percaya, es ternyata juga bisa mengurangi bahkan menghilangkan rambut-rambut di wajah. Karena es memiliki sifat dingin yang dapat menyusutkan pertumbuhan seperti rambut-rambut diwajah.

Untuk caranya, pijat wajah dengan es batu, lalu gunakan scrub wajah. Menyingkirkan rambut di wajah merupakan proses yang panjang dan es batu akan membantu menghilangkan akar rambut secara bertahap.

2. Mengontrol produksi minyak di wajah
Es batu juga bisa digunakan untuk mengurangi lemak di wajah. Ini dikarenakan es memiliki embun air yang dingin sehingga dapat menunda kulit untuk memproduksi minyak. Untuk pemakaian, caranya adalah dengan mencuci muka dengan air es selama sepekan. Prosedur ini akan membantu menjaga sel-sel lemak berada di bawah kontrol.

3. Mengatasi kulit yang terbakar matahari
Es batu bisa menjadi 'obat' untuk mengatasi kulit yang terbakar matahari. Dinginnya es batu akan membuat kulit yang terbakar matahari akan terasa lebih nyaman.

4. Es dapat mengobati jerawat
Jika wajah mudah berjerawat, ada baiknya mengatasi masalah tersebut dengan es batu. Sebab es batu dapat menenangkan daerah sekitar jerawat. Dinginnya es bisa membantu mengurangi minyak pada wajah sehingga mengurangi timbulnya jerawat.

5. Mengecilkan Pori-pori
Es batu bisa pula diandalkan untuk mengatasi pori-pori besar pada wajah. Caranya sederhana, cukup bungkus es batu dengan kapas atau kain dan pijatkan secara lembut ke wajah dan leher. Lakukan prosedur ini selama 30 hari.

Tidak disangka bukan? Es yang hanya digunakan untuk melepas dahaga dapat dijadikan sebagai obat alami untuk kulit? Ini dikarenakan sensasi dingin es batu telah terbukti memberikan hasil positif pada kulit. Jadi tak perlu lagi mengandalkan aneka kosmetik yang mahal, karena di dalam lemari es Anda terdapat "obat yang murah" yaitu batu es.

Namun perlu diingat untuk tidak menempelkan es batu secara langsung pada kulit wajah Anda karena bisa merusak kapiler halus di bawah kulit. Karena itu, bungkuslah dahulu es batu dengan kain sebelum menempelkannya di kulit.

(Dikutip dari berbagai sumber)