Sejuta Manfaat Si Jambu Mete

2 Desember 2013 Artikel Kesehatan


Jambu mete memiliki nama latin Anacardium occidentale linn. Di Inggris, Jambu mete disebut Cashew. Sedangkan di Indonesia disebut jambu mente atau jambu monyet.

Secara botani, tumbuhan ini sama sekali bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan malah lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae).

Jambu monyet merupakan tumbuhan dikotil (biji berkeping dua). Batang pohonnya tidak rata dan berwarna coklat tua. Bunganya berwarna putih dengan buah berdaging lunak, berair dan berwarna kuning kemerahan.

Jambu monyet banyak mengandung senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septic, seperti tanim anacardic acid dan cordol. Selain itu daunnya yang masih muda mengandung vitamin A, C, protein, lemak, kalsium, fosfor besi dan air.

Meskipun saat ini sudah jarang kita temui buah jambu monyet ini, namun rupanya jambu monyet ini menyimpan beragam khasiat untuk kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat jambu monyet untuk kesehatan:

1.Diabetes Mellitus

2.Disentri

3.Radang Tenggorokan

4. Mengatasi sembelit

5. Mengobati sariawan

6. Mengobati jerawat

Nah, itulah beberapa manfaat dari jambu monyet ini. Semoga bermanfaat!

Oleh: Ariyanti
(Dikutip dari berbagai sumber)