Sejuta Manfaat Serai bagi Kesehatan Tubuh

22 Agustus 2016 Artikel Kesehatan


Serai atau biasa disebut dengan sereh termasuk dalam golongan rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, yaitu membuat masakan lebih harum. Serai yang mempunyai nama latin Andropogon nardus ini juga mengandung sejuta manfaat bagi kesehatan. Serai mengandung minyak yang biasa dikenal dengan nama minyak atsiri dan juga minyak serai. Minyak serai ini berguna untuk mengusir nyamuk. Karena aroma dari sulingan tanaman ini memang tidak disukai oleh hewan penyebab penyakit demam berdarah dan malaria. Selain dipakai untuk bumbu masak ternyata serai sangat bermanfaat juga bagi kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

Berikut sejuta manfaat serai untuk kesehatan tubuh:
1. Mengobati gangguan pencernaan

Serai mempunyai beberapa manfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti: masuk angin, sakit perut, diare, dan mengurangi gas di usus.

2. Mencegah penyakit kanker
Serai yang mengandung antioksidan dapat berfungsi untuk membasmi sel-sel penyebab kanker. Bahkan penelitian yang pernah dilakukan di University Gurian menyebutkan bahwa serai dapat mematikan sel-sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. Caranya dengan meminum air rebusan serai secara teratur, paling tidak dua kali sehari.

3. Menurunkan tekanan darah
Serai bermanfaat untuk melancarkan peradaran darah dan menurunkan tekanan darah. Sehingga dengan mengkonsumsi serai dapat menurunkan risiko penyakit hipertensi.

4. Detoksifikasi tubuh
Serai dapat bermanfaat untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan volume buang air kecil. Hal ini tentu saja baik untuk membuat organ tubuh seperti ginjal, pankreas, hati menjadi bersih dari racun dan dapat berfungsi dengan baik.

5. Bermanfaat untuk sistem saraf
Dampak positif penggunaan minyak serai, yaitu memberikan efek melemaskan otot, menghangatkan tubuh, serta meredakan kejang-kejang sehingga serai ini baik untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi saraf.

Tanaman serai ini biasa tumbuh di pekarangan dan mudah dijumpai di pasar. Serai ternyata tidak hanya bermanfaat sebagai bahan untuk memasak tetapi bagus juga untuk kesehatan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)