Sejuta Khasiat Bunga Mawar

26 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Bunga mawar yang memiliki nama latin Rosa canina adalah tanaman hias yang menghasilkan bunga dengan warna-warni yang indah. Entah sejak kapan, bunga mawar sering dijadikan sebagai lambang cinta. Terutama mawar merah.

Di Indonesia sendiri bunga mawar digunakan untuk berbagai keperluan dari mulai bunga hias, bunga meja atau bunga tabur. Namun, dibalik keindahan warnanya ternyata bunga mawar memiliki manfaat bagi dunia kesehatan dan kecantikan. Bagi dunia kecantikan, bunga mawar sering dijadikan bahan untuk perawatan wajah, kulit dan rambut. Sedangkan dalam dunia kesehatan, bunga mawar dijadikan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti menurunkan kolsterol, mencegah penyakit jantung, meringankan gejala flu, diare, serta infeksi saluran kemih. Bunga dan akar dalam kondisi kering dan daun dalam kondisi segar dapat dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit sebagai berikut.

1. Menghilangkan Jerawat
Air bunga mawar merupakan bahan pembersih alami yang kaya antioksidan dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cuci wajah Anda dengan air hangat yang sudah dicampur dengan air mawar.

2. Batuk darah
Seduh 10 gram bunga mawar kering dengan 1 cangkir air panas. Tambahkan gula batu secukupnya, aduk rata, lalu tutup cangkirnya. Setelah 30 menit, minum air seduhannya 2 kali sehari dengan dosis dan cara yang sama.

3. Campak
Cuci bersih 15 kuntum bunga mawar, lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1,5 gelas. Dinginkan, saring, lalu bagi menjadi 2 bagian yang sama banyak. Minum air rebusannya 2 kali sehari, masing-masing 1 bagian.

4. Haid tidak teratur
Seduh 20 gram bunga mawar segar, dengan 1 gelas air panas untuk diminim 2 kali sehari.

5. Keputihan
Rebus 9-15 gram akar bunga mawar kering dengan 1 gelas air sampai tersisa 1/2 gelas, dinginkan, lalu saring. Minum air saringannya sekaligus 1/2 gelas sehari.

6. Kesehatan Mata
Mata lelah dan lingkaran gelap di bawah mata bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga dapat digunakan untuk mengatasi mata merah dan meradang. Teteskan 2-3 tetes pada mata, lalu tutup selama beberapa menit untuk membersihkan mata. Lakukan secara rutin untuk menghindari infeksi mata.

Jadi, jika selama ini Anda hanya mengira bahwa bunga mawar hanya sebagai pajangan, itu hal yang salah. Siapa sangka jika bunga mawar juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)