Sehat dan Langsing dengan Sup

29 Januari 2010 Artikel Kesehatan


Istilah terapi sup (soup therapy) mungkin kedengaran agak asing di telinga Anda. Hal ini karena sup biasanya hanya digunakan sebagai makanan, bukan untuk pengobatan.

Akan tetapi, menurut pakar kesehatan alternatif dan juga penulis buku popular Secrets of Longevity, Dr. Maoshing Ni, efek penyembuhan dari sup membuat makanan yang dikenal efektif mengusir flu ini pantas dijadikan sebagai salah satu terapi pengobatan. Apa saja manfaat sup? Berikut uraiannya untuk Anda.

Turunkan berat badan. Angka obesitas terus meningkat. Dan peningkatan ini diiringi dengan semakin banyaknya kasus penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes. Anda bisa mencegah hal ini dengan mengonsumsi semangkuk sup setiap hari. Sup bernutrisi dan rendah garam, menurut Ni, berfungsi memenuhi nutrisi tubuh dan mengeluarkan kelebihan air dari dalam tubuh.

Orang-orang yang mengonsumsi satu takar sup per hari, terang Ni, terbukti menurunkan berat badan lebih banyak dibandingkan orang yang mengonsumsi jumlah kalori sama tapi tanpa sup. Untuk memaksimalkan manfaat sup, cobalah mengonsumsi sup buatan sendiri. Sup kalengan, menurut Ni, seringkali kaya akan zat kimia dan garam. Selain itu, jangan lupa memperkaya sup Anda dengan sayur-sayuran segar.

Bangun kekebalan tubuh. Agar bisa berfungsi dengan benar, sistem kekebalan tubuh memerlukan banyak mineral. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, berikut resep sup dari Ni yang bisa menjadi pilihan Anda.

Sediakan kubis, wortel, jahe segar, bawang merah, jamur shiitake, rumput laut serta sayuran yang ada di dapur Anda. Panaskan semua bahan-bahan dalam api kecil selama 30 menit. Hal ini untuk mencegah rusaknya komponen komponen penyembuh akibat panas.

Kubis meningkatkan kemampuan tubuh melawan infeksi, jahe menjaga kesehatan sistem pencernaan, dan rumpur laut berfungsi membersihkan tubuh. Jamur shiitake mengandung coumarin, polisakarida, sterol, vitamin dan mineral yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh. Bahan-bahan sisanya berfungsi menjaga kesehatan tubuh secara umum. Untuk

Detoksifikasi. Sebagai cairan, sup membantu mengeluarkan sampah-sampah dari dalam tubuh. Sup dengan bahan yang tepat membantu membersihkan hati, memperlancar sirkulasi darah, mengurangi peradangan dan menutrisi tubuh dengan mineral-mineral penting. Berikut resep sup pembersih tubuh dari Ni yang bisa Anda coba:

Panaskan bahan-bahan berikut selama 1-2 jam dalam api kecil: adas, kol, sawi, ketumbar, bungan dandelion, bawang putih, jahe, bawang perai, jamur shiitake, lobak, rumput laut, kunyit, dan selada air. Konsumsilah sup ini dua kali sehari.

Percepat pemulihan. Saat sedang sakit, cobalah mengonsumsi sup. Sup mudah dicerna dan bisa membantu tubuh melewan infeksi. Studi-studi telah menemukan bahwa sup ayam efektif menyembuhkan flu dengan cara menghambat peradangan dan melonggarkan hidung mampat. (IK/OL-5)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat