Sederet Manfaat Rebung bagi Kesehatan Tubuh Anda

3 Februari 2015 Artikel Kesehatan


Rebung merupakan tunas muda yang tumbuh dari akar bambu . Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengenal makanan sehat yang satu ini. Biasanya rebung ini digunakan sebagai bahan makanan khususnya lumpia dan beerbagai macam sayur khas Jawa Tengah.

Rebung dikenal dengan kandungan karbohidrat, protein, dan 12 asam amino penting yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi rebung secara teratur merupakan salah satu tindakan preventif untuk menghambat berbagai jenis penyakit, termasuk Kanker.

Selain mencegah kanker, inilah sederet manfaat rebung bagi kesehatan tubuh Anda:

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Rebung diketahui menjadi gudangnya vitamin. Sebut saja seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, thiamine, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium, dan kalsium. Semua nutrisi tersebut sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan Berat Badan
Bagi Anda yang punya masalah dengan berat badan, rebung bisa menjadi solusi konsumsi sehat untuk program diet Anda. Hal ini berkat kandungan kalorinya yang rendah. Selain itu, rebung juga mengandung serat yang tinggi sehingga akan membuat perut ada cepat kenyang ketika mengkonsumsinya.

Mengatasi Masalah Pernafasan
Masalah pernafasan seperti pilek, batuk, atau hidung tersumbat dapat diatasi dengan mengkonsumsi rebung. Karena kandungan asam amino yang terdapat pada rebung itulah yang menjadikan rebung sebagai obat alami untuk mengatasi masalah pernafasan.

Melancarkan Siklus Menstruasi
Apabila siklus menstruasi Anda tidak lancar, cobalah untuk mengkonsumsi rebung. Hal ini bisa terjadi karena rebung mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlancar siklus menstruasi serta dapat mengurangi nyeri.

Mengurangi Resiko Kanker

Kandungan serat yang tinggi pada rebung bisa mengurangi resiko terkena kanker, khususnya kanker di saluran pencernaan. Dalam usus, serat bisa berfungsi sebagai sikat yang mampu menyingkirkan berbagai zat pengotor sekaligus menyingkirkan pemicu kanker.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)