Sederet Manfaat Kesehatan dari Minyak Kayu Putih

13 November 2016 Artikel Kesehatan


Terkenal sejak zaman dahulu, minyak kayu putih menjadi salah satu solusi untuk meredakan beberapa penyakit seperti masuk angin hingga pusing. Hal ini karena kandungan minyak kayu putih yakni zat anti septik serta anti bakteri.

Namun, tidak sampai situ, rupanya minyak kayu putih menyimpan manfaat kesehatan lain bagi tubuh. Tak hanya masuk angin, berikut sederet manfaat kesehatan dari minyak kayu putih.

Merilekskan tubuh

Minyak kayu putih ternyata bisa membuat tubuh kita menjadi santai dan rileks. Hal ini karena minyak kayu putih memiliki bau yang khas sehingga saat dihirup dan menimbulkan sensasi yang membuat tubuh rileks. Tidak hanya masalah rileks pada pikiran saja. Minyak kayu putih juga ternyata bisa digunakan untuk membantu meredakan nyeri sendi. Untuk dapat selalu meyegarkan tubuh di saat aktifitas, Anda bisa mencampurkan air yang Anda pakai mandi dengan beberapa tetes minyak kayu putih. Selain tubuh, pikiran Anda juga akan menjadi lebih rileks sehingga aktivitas bisa lebih lancar.

Mengatasi sinusitis

Mengalami sinusitis adalah hal yang menyebalkan. Pasalnya radang sinus hidung ini dapat membuat aktivitas terasa tidak nyaman. Nah, untuk mengatasinya cukup dengan minyak kayu putih, selain menghindari dari masuk angin, Anda juga bisa gunakan minyak kayu putih untuk radang sinus Anda. Caranya sangat mudah, cukup siapkan air hangat, kemudian teteskan beberapa tetes minyak kayu putih. Aduk rata, setelah itu hirup uap dari air hangat tersebut. Rasakan sensasinya, hidung lega dan nyaman.

Membersihkan jamur kaki

Pernahkah Anda menderita jamur kaki? Pasti hal ini sangat menjengkelkan. Pasalnya kaki adalah bagian tubuh yang dianggap menarik. Apabila kaki berjamur, maka penampilan menjadi kurang menarik. Untuk itu Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa gunakan minyak kayu putih untuk alternatifnya. Caranya, cukup rendamkan kaki Anda didalam air hangat yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih. Hal ini dapat membunuh bakteri dan jamur pada kaki.

Melegakan tenggorokan

Ketika Anda mengalami sakit tenggorokan, Anda bisa berkumur minyak kayu putih agar terasa lega dan meredakan rasa sakit. Sifat antiflamasi yang dimiliki minyak kayu putih bermanfaat untuk membuat lendir didalam tenggorokan luruh. Sehingga Anda bisa bernapas lega dan terhindar dari sakit tenggorokan. Caranya, campurkan minyak kayu putih ke dalam air hangat kemudian berkumurlah.

Sanitizer

Minyak kayu putih juga bisa membersihkan tangan karena kandungan antimikrobanya yang bisa membunuh dan melawan bakteri penyebab penyakit. Jadi tidak perlu khawatir jika dirumah Anda sedang kehabisan sabun, Anda bisa mengantikan sabun dengan menggunakan minyak kayu putih. Dan Anda pun akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit sanitizer.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)