Secangkir Stroberi Ajaib Melangsingkan

24 Januari 2011 Artikel Kesehatan


Buah satu ini tak hanya segar bila dimakan atau tampak cantik bila dijadikan topping cake Anda. Tanpa sadar, banyak manfaat yang Anda dapatkan bila rajin mengonsumsi buah beri ini. Mulai dari memutihkan gigi hingga menghindarkan kita dari penyakit kardiovaskular.

Mari kita ketahui beberapa di antara banyaknya manfaat stroberi:

1. Kaya antioksidan
Karena kaya antioksidan, tak mengherankan bila buah ini sangat cocok untuk menghindarkan risiko terkena penyakit kardiovaskular seperti kanker. Antioksidan juga akan menghambat proses penuaan dini sehingga kita pun akan terlihat awet muda. Selain itu, antioksidan pada stroberi juga akan menetralisasi efek negative radikal bebas dalam tubuh sehingga imunitas meningkat dan kita akan terhindarkan dari berbagai jenis bakteri penyebab influenza.

2. Kaya kalium
Stroberi juga kaya akan kalium, mineral yang membantu mengatur elektrolit dalam tubuh sehingga menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, ada pula asam folat sebagai salah satu zat peningkat produksi sel darah merah.

3. Kaya vitamin C
Vitamin C pada stroberi tergolong lebih tinggi daripada buah jeruk. Zat ini sangat berguna dalam memerangi beberapa jenis kanker dan menekan kadar kolesterol berlebih. Stroberi juga mengandung vitamin B2, B5, B6, tembaga, dan magnesium. Buah ini juga mengandung asam lemak omega, dan serat.

4. Memutihkan gigi
Yang tak disadari, stroberi juga bias memutihkan gigi. Zat asam dalam buah ini bias menghapus noda dari gigi. Coba iris satu atau dua potongan stroberi dan gosokkan pada gigi dan gusi. Hal ini akan menghilangkan tartar, memperkuat, dan menyembuhkan gusi.

5. Mentah lebih sehat
Meskipun bisa diolah dan dipadukan dengan berbagai jenis makanan, sebaiknya stroberi dimakan mentah untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

6. Menjaga berat badan
Stroberi juga bias membantu program diet Anda karena buah ini hampir bebas lemak. Studi menunjukkan bahwa satu cangkir stroberi hanya mengandung 0,6 gram lemak. Stroberi juga mampu merangsang metabolisme dan menekan nafsu makan. Karena itu, berat badan pun terjaga dan hormon tubuh berfungsi dengan baik.

Sumber: mediaindonesia.com