Sebelum Olahraga, Ada Baiknya Kita Memakan Pisang Terlebih Dahulu

25 Januari 2017 Artikel Kesehatan   |    Dr. Vanny Bernardus


Banyak orang yang melakukan olahraga di pagi hari tanpa mengkonsumsi makanan apapun terlebih dahulu. Padahal, olahraga adalah salah satu aktifitas yang membutuhkan energi yang cukup besar. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan sebelum melakukan olahraga. Namun, ada baiknya juga makanan yang kita konsumsi tidak terlalu berat karena bisa membuat perut terasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas fisik. Salah satu makanan yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebelum olahraga adalah buah pisang. Tidak hanya bisa menjadi sumber energi, pisang juga akan memberikan berbagai manfaat lain layaknya sebagai berikut.

Kaya akan kandungan karbohidrat

Di dalam buah pisang, kita ternyata juga bisa menemukan nutrisi yang dianggap sebagai sumber energi jangka panjang untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika di dalam buah pisang, kita bisa menemukan 30 gram karbohidrat sehingga kita pun akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan olahraga dengan maksimal.

Kaya akan kandungan kalium

Pakar kesehatan menyebutkan jika kalium adalah semacam elektrolit yang sangat dibutuhkan tubuh, khususnya bagi otot-otot dalam melakukan fungsinya. Andai kita kekurangan kalium, maka saat berolahraga kita akan cenderung mudah terkena kram atau nyeri otot. Padahal, olahraga akan membuat kita banyak berkeringat sekaligus kehilangan cukup banyak kalium. Di dalam buah pisang, kita bisa mendapatkan 500 mg kalium yang akan mampu mengganti berbagai kalium yang hilang tersebut.

Kaya akan kandungan mangan

Mangan adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh untuk mengolah makanan sebagai sumber energi. Dengan mengkonsumsi pisang yang kaya akan mangan, maka kita pun akan membantu tubuh mendapatkan energi yang maksimal dan dibutuhkan untuk berbagai aktivitas, termasuk olahraga.

Lantas, kapankah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi pisang? Di sarankan kita untuk mengkonsumsinya satu jam sebelum mulai berolahraga agar bisa mendapatkan berbagai nutrisi tersebut dengan maksimal.

(Penulis adalah Dr. Vanny Bernardus)
Tulisan lainnya bisa dilihat di doktersehat.com)