Sayuran dengan Kandungan Nutrisi Tertinggi

18 Juli 2014 Artikel Kesehatan


Sayuran paling dikenal sebagai makanan sumber serat alami, antioksidan, vitamin, mineral dan rendah mengandung kalori, lemak jenuh dan kolesterol. Beberapa jenis sayuran tertentu mungkin memiliki keunikan tersendiri dalam hal kandungan nutrisinya, sehingga mengkonsumsi beraneka ragam sayuran setiap hari sangat dianjurkan untuk kesehatan yang optimal. Diantara sekian banyak jenis sayuran diseluruh dunia, tentu ada yang berada pada tingkat tertinggi dalam hal nutrisi. Oleh karena itu, berikut beberapa jenis sayuran yang memang mengandung nutrisi tertinggi.

1. Brokoli
Anda pasti kenal dengan sayuran ini, warnanya hijau dan berbentuk seperti bunga kol. Brokoli dijuluki sebagai sayuran ajaib, karena sayuran ini mampu mencegah kanker dalam tubuh. Brokoli juga mengandung banyak asam folat dan kalsium sehingga bagus untuk ibu hamil dan penderita anemia. Memasak brokoli cukup dengan merebus sebentar saja atau dengan cara mengukusnya sehingga vitamin dan nutrisinya tidak hilang.

2. Kecambah
Kecambah atau tauge adalah sayuran yang tidak asing lagi bagi kita, kalau Anda suka memasak mie pasti kecambah menjadi sayuran enaknya. Kecambah paling bagus dimakan sebagai lalapan, atau sebagai cemilan, agar nutrisinya tetap ada dan tidak hilang. Nutrisi yang paling banyak dalam kecambah adalah vitamin c, juga mengandung vitamin A, B, dan E, juga kalsium, zat besi, dan kalium.

3. Mentimun
Sayuran ini sangat tinggi kadar air dan rendah kalori(15 kalori per 100 g). Tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Kulit mentimun adalah sumber tinggi serat, yang membantu mengurangi sembelit, dan perlindungan terhadap kanker usus besar dengan cara menghilangkan senyawa beracun dari usus. Mentimun adalah sumber kalium yang sangat baik dari kalium. Kalium adalah elektrolit yang membantu menurunkan tingkat tekanan darah tinggi, yaitu karena sifatnya yang melawan efek dari sodium.Buah sayur segar ini adalah sumber anti oksidan seperti betakaroten dan alfakaroten, vitamin C, vitamin A, zea xanthin dan lutein. Tentu kita sudah tak asing dengan manfaat antioksidan, yaitu terutama untuk mencegah kerusakan sel akibat efek dari radikal bebas.

4. Kubis
Kubis juga termasuk sayuran yang sangat sarat aka nutrisi. Makanlah kubis secara mentah dan rasakan manfaatnya. Kubis banyak mengandung vitamin A yang bagus bagi kesehatan mata. Selain untuk mata sayuran kubis juga sangat bagus untuk kesehatan paru-paru, perut, dan kanker prostat.

5. Bayam
Ternyata bayam benar-benar memberikan kita nutrisi dan tenaga. Bayam mengandung vitami A, dan vitamin C. Jadi bayam bisa membantu kesehatan mata kita, dan sangat bagus untuk kesehatan kulit. karatenoid dalam bayam diketahui bisa mencegah sel kanker. Selain itu, bayam juga mengandung banyak kalium yang sangat bagus dikonsumsi oleh penderita hippertensi.

6. Selada
Terakhir sayuran yang mengandung nutrisi tinggi adalah selada. Selada dikatakan mengandung vitamin A, B, dan vitamin C. JUga mengandung banyak asam folat, mangan, dan kromium. kandungan zat besi dalam selada sangat bagus untuk pembentukan sel darah dan kandungan magnesium didalamnya juga sangat bagus untuk kesehatan saraf dan otak.

Itulah jenis sayuran dengan nutrisi tertinggi yang sangat berguna untuk kebutuhan kesehatan Anda. Konsumsi selalu makanan dan sayuran sehat untuk hidup yang lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)