Sayuran, Buah, dan Kanker

16 Desember 2010 Artikel Kesehatan


Sekelompok ilmuwan dari Oxford University mengatakan hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran bisa menghindarkan seseorang dari ancaman kanker.

"Sayuran dan buah sangat penting bagi Anda yang ingin melakukan diet sehat karena kandungan nutrisi kedua jenis makanan itu diketahui bermanfaat bagi tubuh.

Namun, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan sayuran dan buah ampuh menangkal risiko kanker," ungkap Profesor Tim Key dari Unit Kanker Epidemiologi Oxford University.

Alih-alih menemukan hubungan antara konsumsi sayur serta buah dan perkembangan penyakit kanker, peneliti malah menemukan fakta kebiasaan mengonsumsi alkohol, merokok, dan obesitas sebagai pemicu kanker.

Tubuh orang yang mengalami obesitas akan memproduksi hormon tertentu yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan ginjal. Sementara itu, proses pencernaan alkohol diketahui bisa menghasilkan ekses berupa senyawa kimia yang memicu kanker mulut, tenggorokan, payudara, usus, dan hati.

"Sangat sedikit orang yang menyadari pentingnya menjaga berat badan dan menghindari konsumsi alkohol untuk mencegah perkembangan penyakit kanker. Menghentikan kebiasaan merokok juga menjadi cara terbaik untuk meminimalkan risiko kanker," ujar Sara Hiom, Direktur Informasi Kesehatan Cancer Research, Inggris.

Sumber: mediaindonesia.com