Sariawan? Sembuhkan dengan 5 Tips Alami Berikut

9 November 2019 Artikel Kesehatan


Pastinya Anda suka jengkel dan merasa tidak nyaman ketika mengalami sariawan. Kegiatan makan yang harusnya memanjakan mulut malah menjadi tidak nikmat. Apalagi bagi Anda pecinta makanan pedas dan asam, wah pastinya akan sangat tersiksa sekali karena harus menahan perih pada mulut yang terkena sariawan.

Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang menderita sariawan. Seperti kebersihan mulut yang kurang terjaga, makan dan minuman terlalu panas atau pedas, lipstik, infeksi akibat jamur, luka, kekurangan vitamin B-12 bahkan stres pun akan berdampak terhadap munculnya sariawan pada mulut Anda.

Namun, seperti kata pepatah, tidak akan mungkin tercipta penyakit jika tidak ada obatnya. Berikut beberapa cara menyembuhkan sariawan:

Semangka

Buah yang kadar kandungan air yang tinggi ini ternyata ampuh dalam hal menyembuhkan sariawan. Saat Anda akan mengupas buah semangka, maka sebaiknya bagian yang hijau dekat dengan kulit semangka jangan dibuang. Karena bagian tersebut merupakan bagian terpenting yang harus dimakan jika Anda ingin menyembuhkan dan menghilangkan sariawan.

Minum Yoghurt

Salah satu alasannya ialah yoghurt menjadi solusi dalam mengatasi sariawan adalah yoghurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena yoghurt membantu keseimbangan bakteri di mulut.

Menggunakan Pasta Kunyit

Kunyit berfungsi sebagai antiseptik alami dan mengurangi rasa perih. Campurkan 3 sdm bubuk kunyit dengan 1 sdm air hingga menjadi pasta. Aplikasikan pasta kunyit ke area yang terkena sariawan dengan menggunakan kapas steril. Diamkan 1 hingga 2 menit, lalu kumur dengan air bersih.

Berkumur dengan Baking Soda

Berkumur dengan baking soda akan membantu menghilangkan bakteri dalam mulut dan mengurangi rasa sakit pada daerah yang terkena sariawan.

Menggunakan Bawang Putih

Alisin, bahan aktif dalam bawang putih, bisa berfungsi sebagai antiseptik dan memiliki kandungan anti virus dan anti bakteri. Bawang putih ini bisa mempercepat proses kesembuhan sariawan.

Ambil irisan bawang putih, lalu gosokkan di area yang terkena sariawan selama 1 menit, diamkan 1 jam, baru kumur-kumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin setiap hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)