Sakit Punggung! Berikut Posisi Tidur yang Harus Dilakukan

2 September 2014 Artikel Kesehatan


Sakit punggung saat bangun tidur memang menyebalkan, dan bisa saja merusak mood Anda seharian. Rasa sakit pada punggung dapat menyerang siapa saja dan dapat terjadi karena beberapa hal. Misalnya saja, karena posisi tidur yang salah. Nah, penyebab posisi tidur yang salah adalah yang paling sering dialami oleh beberapa orang sebagai gangguan saat tidur. Pasalnya,sakit punggung akan sangat mempengaruhi kualitas Anda saat tidur. Bagaimana Anda dapat tidur dengan nyenyak jika punggung Anda sakit.

Berikut hal yang harus Anda perhatikan ketika tidur saat terkena sakit punggung:

* Yang pertama harus Anda lakukan adalah memilih tempat tidur yang nyaman untuk punggung.
* Tempat tidur atau kasur ini harus menjaga tulang belakang Anda tetap lurus.
* Hindari menggunakan bantal yang terlalu tebal. Bantal yang terlalu tebal ini akan menempatkan leher pada ketinggian yang lebih tinggi dari tubuh. Ini akan menyebabkan tulang belakang tidak lurus dan menimbulkan tekanan pada syaraf di sekitar leher.
* Tulang belakang, bahu, kepala, lengan dan juga kaki harus berada dalam posisi yang benar saat berbaring.
* Jangan berbaring dalam posisi yang banyak orang saat menonton TV di tempat tidur atau membaca di tempat tidur. Ini akan mengakibatkan rasa sakit pada punggung.

Yang terpenting adalah untuk menjaga postur punggung yang baik dan tidak memutar tulang belakang. Perhatikan kelengkungan posisi tulang punggung dalam posisi apa saja, baik itu duduk, berjalan atau berbaring. Penting untuk dipahami bahwa tulang belakang terhubung ke sejumlah besar syaraf di seluruh tubuh dan posisi yang salah tidak hanya akan menyakiti tulang belakang, tetapi juga akan memberikan tekanan yang tidak semestinya pada syaraf sehingga dapat menyebabkan rasa sakit dan masalah lainnya.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags