Sakit Maag Saat Puasa? Jangan Khawatir

23 Juli 2012 Artikel Kesehatan


Sakit maag memang terkadang menjadi kendala apalagi pada bulan - bulan saat menjalankan ibadah puasa.

Mungkin ada yang beranggapan bahwa puasa membuat jadwal makan lebih teratur terutama pada penderita sakit maag, namun ada sebagian penyakit maag yang membuat penderita tidak boleh menjalankan puasa karena bisa berbahaya bagi kesehatan lambung.

Lalu, bagaimana penderita maag dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan teratur?

Pertama tentukan dulu sakit maag tersebut aman atau tidak untuk berpuasa. Ada 2 tipe kelompok maag yaitu:

1. Maag organik adalah sakit lambung yang disertai luka, erosi atau kelainan pada usus halus dan polip di lambung. Untuk penderita maag organik disarankan untuk tidak mengikuti puasa karena dapat membuat asam lambung menjadi korosif sehinga mengikis permukaan lambung dan luka pada lambung makin membesar.

2. Maag fungsional adalah sakit lambung yang tidak disertai oleh gangguan - gangguan maag organik.

Untuk mengetahui jenis maag, penderita harus melakukan pemeriksaan endoskopi yaitu pemeriksaan canggih yang digunakan untuk memastikan diagnosis kelainan atau penyakit saluran cerna.

Berikut ini ada beberapa tips penting yang dapat dicoba dalam mejalankan ibadah puasa agar lambung dapat diajak kompromi:

1. Penderita maag disarankan makan makanan tinggi serat dan kaya nutrisi seperti nasi merah, roti gandum pada saat buka dan sahur karena makanan yang berserat tinngi dapat membantu lambung mencerna makanan secara halus.

2. Saat berbuka, jangan langsung makan dalam porsi yang besar karena membuat lambung seperti kaget dan bekerja keras sehingga membuat lambung menjadi perih. Untuk itu, berbuka dengan makanan ringan dan buah - buahan saat maghrib tiba dan dilanjutkan makanlah dengan porsi yang lengkap setelah sholat maghrib.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak dan berminyak karena dapat mempercepat pengosongan lambung sehingga penderita mudah lapar.

4. Jangan melewatkan sahur dan makanlah dengan porsi yang seimbang.

5. Hindari sayuran seperti kol dan kubis karena dapat menambah produksi gas dalam lambung sehingga menyebabkan lambung menjadi perih.

6. Hindari makanan yang terlalu manis saat sahur karena memicu hormon insulin menjadi mudah lapar dan mudah lelah.

Sebenarnya sakit maag bukanlah momok untuk berpuasa tapi pastikan tubuh anda mampu. Bila sakit tak dapat di tahan, minum obat pereda sakit maag supaya puasa dapat dijalankan dengan semaksimal mungkin.

(Dikutip dari berbagai sumber)