Sakit Kepala Melanda Saat Berpuasa? Berikut Cara Mengatasinya!

23 Juni 2016 Artikel Kesehatan


Umat muslim di seluruh dunia kini sudah menjalani bulan suci Ramadan selama beberapa hari di mana semua umat muslim diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa sebulan penuh. Tidak hanya menahan haus dan lapar, puasa juga mengenai menahan emosi. Namun, bagaimana jika sakit kepala melanda ketika sedang khusyuk berpuasa?

Daripada harus membatalkan puasa, sebaiknya Anda kenali terlebih dahulu penyebabnya dan atasi rasa sakit kepala tanpa harus membatalkan puasa. Seperti dilansir dari health24.com, sebenarnya sakit kepala memiliki beberapa macam faktor antara lain rasa stres, pola tidur, hipoglisemia (kadar gula darah rendah).

Lalu, bagaimana mengatasi sakit kepala tanpa harus membatalkan puasa? Dr. Elliot Shevel ketua dari South African Headache Society mengatakan bahwa kita bisa mengatasi rasa sakit kepala kita tanpa harus membatalkan puasa. Kuncinya adalah dengan mengubah pola makan dan kandungan makanan ketika sahur dan berbuka.

Misalkan saja Anda yang terbiasa mengonsumsi minuman berkafein setiap harinya, puasa dan menghentikan konsumsi kafein seketika bisa membuat Anda merasa sakit kepala. Maka dari itu, gantilah minuman Anda dengan minum air putih yang cukup karena seperti yang Anda ketahui, 75 persen lebih otak manusia itu mengandung air, jadi saat sahur dan buka puasa, cukupi kebutuhan air untuk tubuh Anda dengan cukup.

Setelah itu bagi Anda yang memiliki kadar gula darah yang tidak stabil, pilihlah menu sahur dengan kandungan gula darah yang sedikit atau rendah. Hal tersebut bisa mencegah diri Anda terkena sakit kepala di siang hari. Sebaliknya, hindari konsumsi gula terlalu banyak saat sahur. Hal ini jelas bisa memperbesar terkena risiko sakit kepala di siang hari.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengatasi masalah penyakit kepala dengan menghindari faktor pemicunya seperti menghindari tidur terlalu larut, tidak mudah tertekan atau stres dan konsumsi berlebih pada saat sahur dan berbuka.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)