Rumus Sehat Nikmati Daging Merah

7 Februari 2011 Artikel Kesehatan


Selama ini mungkin kita sangat menjauhi daging merah karena bisa menaikkan kandungan kolesterol dalam tubuh, dan ini pasti akan dikaitkan dengan penyakit gangguan jantung. Tapi apa iya kita harus benar-benar menghindari daging merah?
Kita boleh saja mengonsumsi daging merah asalkan porsinya tidak berlebihan. Pasalnya, konsumsi daging merah aman bagi kesehatan. Ini dijelaskan para peneliti di Harvard School of Public Health. Konsumsi daging merah yang wajar dan aman adalah dua kali seminggu. Ini dengan catatan yang kita makan adalah daging sapi segar yang langsung dimasak.

Namun, aturannya berbeda jika yang kita konsumsi adalah daging yang sudah melalui proses pengolahan, seperti sosis atau kornet. Menurut para ahli, risiko kita terkena penyakit jantung akan meningkat hingga 42 persen untuk setiap 50 gram daging yang akan kita konsumsi.

Pasalnya, setelah melalui banyak tahap pemrosesan, daging jenis ini mengandung sodium empat kali lebih banyak dan nitrat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan daging yang belum diolah. Semua itu turut meningkatkan tekanan darah dan risiko terjadinya pengerasan dinding pembuluh darah atau atherosclerosis.

Jadi, jangan sampai "lupa daratan" ketika mengonsumsi daging merah. Semua makanan harus kita konsumsi dalam porsi yang aman agar tubuh tidak "keberatan" mengolahnya.

Sumber: kompas.com