Resep Hindari Tumit Kering

8 September 2009 Artikel Kesehatan


Tetapi jangan khawatir, selain obat kimia, kita bisa mencoba merawat secara alami kaki kita. Bahkan ada sejumlah perawatan sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk mendapatkan telapak kaki mulus dan lembut, menggunakan bahan-bahan berikut ini:

Susu
Rendam kaki di dalam baskom berisi air susu hangat. Asam laktat yang terkandung di dalamnya akan mengelupaskan bagian kulit kasar pada telapak kaki dan menjadikannya terasa benar-benar lembut.

Krim pelembap
Balurkan krim kaya pelembap ke seluruh permukaan telapak kaki, lalu kenakan kaus kaki katun selama paling kurang 20 menit untuk mengunci kelembapan kulit. Jika mau, Anda bahkan bisa membawanya tidur semalaman.

Batu apung
Gunakan batu apung setiap kali mandi untuk menggosok bagian kaki yang kasar dan tumit yang pecah-pecah sehingga menjadi lebih halus dan lembut. Perawatan harian ini bisa membantu menghindari kerusakan kulit kaki yang lebih parah.

Pisang
Pisang memang buah serba guna. Selain nikmat disantap segar atau dijadikan gorengan, pisang juga dapat digunakan untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Kupas pisang dan lumatkan sebagian buahnya. Kemudian, tempelkan pisang yang telah dilumatkan itu ke atas tumit yang bermasalah. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Jus lemon
Rendam telapak kaki ke dalam baskom berisi jus lemon selama 10 menit. Lakukan terapi ini satu kali dalam seminggu hingga terlihat perubahan pada kondisi kaki. Selain itu, bisa juga dengan merendam kaki dalam air sabun hangat selama 15 menit, lalu basuh kaki dengan air bersih dan keringkan. Kemudian buat jus dari sebutir lemon dan campurkan dengan satu sendok teh vaseline. Gosok campuran tersebut ke atas area kaki yang bermasalah hingga benar-benar terserap. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari secara rutin hingga menampakkan hasil.

Lilin parafin
Cara lain yang tidak kalah ampuh untuk mengatasi kaki kering dan pecah-pecah adalah dengan menggunakan lilin parafin yang dilelehkan dan dicampurkan sedikit mustard oil. Aplikasikan ramuan tersebut ke area kaki yang bermasalah, dan biarkan semalaman. Basuh kaki dengan air hingga bersih pada keesokan pagi. Lanjutkan perawatan ini selama 10-15 hari hingga mencapai hasil memuaskan. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com