Relaksasi Membuat Hidup Seimbang

30 Maret 2010 Artikel Kesehatan


KOMPAS.com Kehidupan di perkotaan yang padat membuat kita terkadang melupakan relaksasi. Padahal, relaksasi tidak harus selalu menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Hal-hal kecil yang ada di sekeliling Anda bisa membuat Anda lebih rileks dan segar untuk mengawali hari-hari Anda.

Rosiana Silalahi, pembawa acara yang punya segudang kesibukan, mengatakan banyak hal kecil yang luput dari diri kita. Padahal hal kecil ini juga bisa menjadi bentuk relaksasi murah. Misalnya bersantai bersama orangtua, keponakan, dan tentunya pasangan kita sendiri. Kita tidak perlu meluangkan waktu untuk bepergian ke luar kota atau mencari pantai untuk melepas penat.

''Buat saya relaksasi itu murah. Cukup nonton di rumah, tidur-tiduran dan ngobrol dengan ibu, atau main dengan keponakan,'' ujarnya pada Kompas Female.

Sesekali ia meluangkan waktu bersama suami untuk membeli DVD dan menontonnya bareng. Alternatif lain untuk relaksasi adalah wisata kuliner. "Saya dan suami senang mencoba restoran atau menu-menu baru," ujarnya.

Menurut Rossy, relaksasi akan membuat hidup kita seimbang. Jika selama 5-6 hari kita mengejar kehidupan duniawi, maka pergunakan satu hari untuk aktivitas yang lain. "Untuk apa punya pekerjaan hebat, mobil, dan rumah bagus, tapi kita tidak bisa berbagi dengan orang yang kita sayangi?" ucapnya.

Berucap syukur juga merupakan bentuk relaksasi karena tidak ada yang lebih penting di dunia ini selain berkumpul dan berada bersama orang yang kita cintai dalam keadaan sehat.

Mulai sekarang, coba lihatlah hidup dari sisi yang berbeda sebab hidup tidak hanya soal bekerja, berusaha mencapai target, atau mencapai posisi tertentu. Seimbangkan hidup Anda dengan memenuhi jiwa Anda dengan hal-hal yang menyenangkan dan menentramkan.Sumber: female.kompas.com