Rekomendasi Kudapan Pengontrol Gula Darah

1 Februari 2010 Artikel Kesehatan


Makanan manis tidak selalu menaikkan kadar gula darah. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengganti makanan yang memicu gula darah dengan kudapan yang lebih sehat.

Kuncinya tetaplah memilih makanan yang benar (lezat dan bernutrisi) dengan porsi yang tepat (lebih kecil dan lebih mengenyangkan) pada saat yang tepat (tiga kali makan dan dua kali kudapan). Berikut pilihan kudapan manis yang bisa memuaskan selera, mengenyangkan sekaligus memompa energi.

Instant Strawberry Frozen Yogurt

Kudapan ini bisa membantu Anda melupakan es krim. Kandungan stroberi menghadirkan rasa segar sekaligus menyumbang serat. Makanan ini siap dikonsumsi dalam lima menit dan sama lezatnya dengan tampilannya.

Bahan-bahan
3/4 cangkir stroberi segar atau beku
1/3 cangkir yogurt rendah lemak tanpa rasa
2 sendok teh madu

Cara membuat
1. Potong stroberi berbentuk kotak kemudian letakkan di dalam blender atau mangkuk pengolah makanan yang dilengkapi dengan pemotong besi.

2. Tambahkan yogurt dan madu. Haluskan selama satu hingga dua menit, atau hingga halus. (Anda bisa menambah tekstur dengan membiarkan potongan kecil stroberi tetap ada).

3. Kudapan sehat Anda siap disajikan

Spiced Nut Clusters

Kudapan ini dibuat dengan mencampur kenari, biji labu, dan berry dengan berbagai bumbu. Madu akan menyatukan semua komponen dan sekaligus bekerja sebagai pemanis yang tidak menaikkan kadar gula darah. Saat disantap akan terasa kenyal dan lezat.

Bahan-bahan
1 buah telur, ambul putih telur saja
1 sendok makan madu
1 cangkir kenari
1/2 cangkir biji labu mentah
1/3 cangkir berry kering
1 sendok teh bubuk kayu manis
1 sendok teh jahe halus
1/4 sendok teh kapulaga halus

Cara membuat
1. Panaskan oven dengan suhu 350 derajat fahrenheit. Lapisi loyang dengan kertas perkamen.

2. Kocok putih telur dengan madu dalam sebuah mangkuk ukuran sedang. tambahkan kenari, biji labu, dan berry. Taburi dengan kayu manis, jahe, dan kapulaga. Aduk rata.

3. Letakkan dengan ukuran masing-masing 1/8 bagian ke loyang yang telah dilapisi. Panggang selama 18-20 menit, atau hingga warna berubah kecokelatan.

4. Dinginkan selama 30 menit dan kudapan sehat Anda siap disajikan.

Fudgy Chocolate Brownies

Brownies juga bisa menjadi teman Anda dalam mengontrol gula darah. Kuncinya adalah membuat potongan brownies yang lebih sehat bubuk cokelat tanpa pemanis yang kaya antioksidan dan telur yang kaya omega-3.

Bahan-bahan

Brownies
1 cangkir mentega, lembutkan
1 1/2 cangkir gula pasir
4 buah telur yang telah diperkaya dengan omega-3
2 sendok teh ekstrak vanila
1 cangkir tepung cokelat tanpa pemanis
1 cangkir tepung
3/4 sendok teh soda kue
1/2 sendok teh garam
1 cangkir kenari, dipotong-potong

Frosting
1 cangkir gula confectioners
1/3 cangkir tepung cokelat tanpa pemanis
1/2 sendok makan mentega, lembutkan
2 sendok makan susu rendah lemak

Cara membuat

1. Panaskan oven dengan suhu 350 derajat fahrenheit. Lapisi loyang dengan cooking spray.

2. Buatlah krim dengan menghaluskan mentega dan gula pasir dengan mikser listrik. Masukkan telur ke dalam satu per satu. Tambahkan vanila dan aduk hingga benar-benar menyatu.

3. Saringlah bubuk cokelat, tepung, soda kue dan garam di dalam mangkuk besar. Tambahkan campuran mentega dan aduk hingga menyatu. Masukkan kenari.

4. Tebar adonan dalam loyang yang telah disiapkan kemudian tempatkan di tengah oven. Panggang selama 25-30 menit. Kemudian dinginkan.

5. Haluskan komponen frosting dengan mikser. Taburkan atau oleskan di atas brownies yang masih hangat. Potong menjadi 32 potongan. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat