Redakan Asma dan Radang Tenggorokan dengan Oyong

11 Juli 2018 Artikel Kesehatan


Oyong yang memiliki nama latin Luffa Cylindrica sering pula dikenal dengan gambas atau ceme. Buahnya bersiku-siku memanjang kulitnya keras layaknya kaktus sedangkan dagingnya lunak dan halus berwarna hijau. Tidak berbeda dengan komoditas lainnya, oyong tumbuh subur di daerah penggunungan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak memahami manfaat oyong untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu daerah yang tahu akan khasiat Oyong adalah Jawa Barat.

Konon, sebagian besar masyarakat Jawa Barat mengkonsumsi biji buah itu setiap kali pemeriksaan darah menjelang berhaji. Mereka cukup mengkonsumsi 2 biji setiap hari selama 2 minggu untuk mendapatkan kadar gula dalam darah yang tidak terlalu tinggi. Secara otomatis, saat gula darah akan diukur, para calon haji lolos dari jeratan angka kadar gula yang terlalu tinggi. Sayuran ini tidak hanya enak dimasak sebagai sayur tetapi juga bermanfaat sebagai obat ,sayur oyong memiliki sifat antiseptic,penyejuk dan peluruh kentut

Berikut beberapa manfaat sayur oyong yang sangat bagus bagi kesehatan:
1. Melancarkan Peredaran Darah

Ambil oyong 250 gram dan jamur kuping hitam 20 gram, masaklah sesuai selera dan masakan tersebut berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah.

2. Penyakit Asma
Ambil Oyong yang muda berserta tangkainya dan buatlah jus.Dan minumlah jus oyong ini 2 kali sehari secara teratur.

3. Penyakit Radang Usus
Caranya: ambil oyong yang sudah tua secukupnya. Pangganglah Oyong hingga kering dan tumbuklah hingga halus. Setiap 20 gram bubuk oyong diseduh dengan air panas ½ gelas dan minumlah 1-2 kali dalam sehari.

4. Penyakit Radang Kelenjar Telinga
Ambil oyong 500 gram dipotong kecil-kecil dan sambiloto 50 gram, rebuslah kedua bahan ini dengan air 2 liter, biarkan hingga air rebusan tersisa 500 cc, dan minumlah 2-3 kali dalam sehari.

5. Penyakit Cacingan
Biji oyong hitam 30 gram untuk anak-anak dan 40-50 gram untuk orang dewasa ditumbuk halus.seduhlah bubuk itu dengan air panas secukupnya.Minumlah 1 kali dalam sehari.

6. Memperbanyak Asi
Oyong sangat baik bagi ibu-ibu menyusui karenadapat memperbanyak ASI.Caranya setiap 6 gram bubuk oyong, dengan ½ gelas air panas, diminum 1-2 kali dalam sehari.

7. Penyakit Radang Tenggorokan
Ambillah satu buah oyong yang masih muda dan buatlah jus lalu tambahkan juga Gulabatu yang telah dicairkan. Penggunaanya: minumlah 2-3 kali dalam sehari secara teratur.

Jika sudah tahu manfaat oyong yang begitu banyak,jadi mulai sekarang jangan ragu untuk mulai mengkonsumsi sayuran ini. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)