Redakan Asam Lambung dengan Makanan Ini

15 Juli 2019 Artikel Kesehatan


Makanan yang kita makan harus dicerna dengan baik. Dalam proses pencernaan asam lambung adalah rahasia yang sangat penting untuk pencernaan. Asam ini membantu memecah makanan. Tetapi dalam situasi atau kondisi yang ada produksi asam terkadang berlebih dari yang sebenarnya dibutuhkan. Dalam kondisi ini, Anda merasa mulas dan rasa sakit atau iritasi di kerongkongan. Naiknya produksi asam di saluran pencernaan menyebabkan munculnya asam lambung (maag). Tentunya, keadaan ini diawali oleh asupan makanan dan minuman yang kurang baik.

Selain itu, pola makan yang tidak teratur juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit maag. Asam lambung merupakan salah satu penyakit yang menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Asam lambung yang meningkat tentu tidak akan membuat Anda nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas. Jika asam lambung semakin parah bisa menyebabkan mual hingga muntah. Nah, untuk menghindarinya, ada beberapa makanan yang bisa membantu untuk mengatasi asam lambung.

Sayuran hijau
Mengonsumsi makanan yang kaya akan kalium dipercaya dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah. Seperti bayam, lobak, selada, dan beberapa sayuran hijau lainnya yang mengandung kalium yang tinggi. Namun, perlu Anda perhatikan sayuran harus dalam kondisi yang masih segar.

Oatmeal
Hampir sama dengan sayuran hijau, oatmeal pun bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. Pasalnya, oatmeal memiliki kandungan serat yang tinggi, rendah lemak, dan rendah sodium. Anda bisa mengonsumsi oatmeal pada saat sarapan dengan menambahkan potongan buah atau sedikit madu.

Salad
Selain oatmeal, saat sarapan Anda pun bisa mencoba salad sebagai salah satu pilihan untuk meredakan asam lambung. Saat Anda mengalami asam lambung hindari mengonsumsi tomat dan bawang. Namun salad mengandung sayuran atau buah-buahan segar yang sangat baik bagi lambung Anda.

Apel dan cuka sari apel
Apel mengandung enzim tertentu dan asam sehat, sehingga dianggap sebagai pengobatan yang efektif untuk menetralkan asam lambung. Jadi, satu buah apel sehari atau satu sendok makan cuka sari apel sehari, dapat membantu mengurangi asam pada lambung.

Jahe
Jahe merupakan salah satu bahan yang bisa membantu mengatasi asam lambung. Pasalnya, rasa panas dan tajam pada jahe dapat membantu untuk menghilangkan racun-racun dalam tubuh Anda. Selain itu, jahe dipercaya dapat membantu Anda menghilangkan rasa ingin merokok. Nah, untuk mengonsumsinya Anda bia menggiling sepotong jahe lalu dicampurkan dengan satu sendok teh gula.

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat membantu Anda dalam mengatasi asam lambung. Akan tetapi, Anda pun harus menghindari beberapa makanan yang dapat membuat asam lambung semakin buruk. Misalnya seperti cokelat, kopi, minuman bersoda, dan daging yang berlemak. Selain itu juga hindari stres yang dapat memicu peningkatan asam lambung.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)