Ratusan Mikroba Tubuh Diidentifikasi

24 Mei 2010 Artikel Kesehatan


Para ilmuwan berhasil melakukan pengkodean (decode) 178 jenis mikroba yang hidup di dalam tubuh manusia. Seperti diketahui, tubuh kita merupakan "rumah" bagi jutaan jenis mikroba. Dalam saluran cerna saja terdapat bakteri yang jumlahnya 100 kali lebih banyak di banding organisme di bagian tubuh lain.

Identifikasi terhadap mikoorganisme dalam tubuh merupakan langkah awal untuk mengetahui bagaimana populasi bakteri yang tinggal di kulit, mulut, pencernaan, bisa menyebabkan penyakit. Para ilmuwan berencana untuk mengidentifikasi genome 900 bakteri dan virus.

Hasil riset ini disebut sebagai "referensi perpustakaan" untuk mengurai berbagai hal yang belum terungkap, mengingat ada banyak flora dalam tubuh yang belum diidentifikasi. Sebagian jenis mikroba berperan penting untuk tubuh, seperti membantu proses pencernaan dan sistem imun. Namun, tak sedikit yang menyebabkan penyakit.

Proyek penelitian yang dilakukan selama lima tahun ini bertujuan memetakan jenis mikroba, gen, dan kerja mereka di tubuh. "Kami akan melanjutkan studi ini untuk mengetahui secara spesifik dampak mikroba terhadap penyakit," kata Dr.Karen Nelson, dari US Venter Institute, salah satu peneliti.

Para ahli menanggapi positif hasil riset ini. "Sel-sel mikroba ini jumlahnya melebih sel kita dengan perbandingan 10 banding 1, dan mereka memiliki jumlah gen 100 kali lebih banyak. Karena itu dengan memahami mikroba ini dalam level genetik, kita bisa mengumpulkan referensi karena mereka berpengaruh pada berbagai aspek kesehatan," kata Dr Julian Parkhil, peneliti dari Inggris.

sumber: kompas.com