Rasa Takut Berlebihan Dapat Memicu Stroke

3 Februari 2012 Artikel Kesehatan


Hampir setiap orang pernah mengalami saat-saat dimana merasa cemas dan takut. Kondisi seperti ini tentu sangat mengganggu dan dapat mempengaruhi kehidupan mereka yang sering mengalaminya sehingga terkadang dapat memicu depresi.

Tak hanya itu, sebuah riset terbaru bahkan mengindikasikan bahwa orang yang memiliki rasa takut atau kecemasan berlebihan memiliki risiko lebih besar terkena stroke. Riset ini melibatkan sekitar 1.082 orang dewasa tua tanpa penyakit penyerta seperti demensia, yang kemudian dinilai tingkat kecemasannya menggunakan alat ukur.

Setelah diamati selama tiga setengah tahun, tercatat ada 258 peserta yang meninggal dunia. Untuk mengetahui penyebabnya, kemudian peneliti melakukan otopsi pada area otak para peserta yang telah meninggal. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki tingkat kecemasan tertinggi, mengalami peningkatan risiko terkena stroke yang sulit terdeteksi sebesar 2,4 kali, dan peningkatan risiko stroke yang mudah terdeteksi sebesar 1,8 kali.

Dalam temuannya, peneliti sudah memperhitungkan faktor risiko lainnya terkait fungsi motorik otak, risiko kardiovaskular dan neurotisisme (kecenderungan untuk merasa cemas dan murung). Studi ini akan dipublikasikan dalam American Stroke Association di New Orleans Amerika Serikat.

Sumber: kompas.com