Rambut Rontok? Mungkin Ini Penyebabnya

1 Oktober 2014 Artikel Kesehatan


Rambut rontok atau alopecia dapat mempengaruhi hanya pada kulit kepala saja atau di seluruh tubuh Anda. Sejak lama kerontokan rambut memang menjadi masalah yang menyebalkan. Selain membuat penderitanya kurang percaya diri akibat kebotakan, rambut rontok yang terjadi secara berlebihan juga kerap menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak orang. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan, sebab sejak lama rambut rontok pun diyakini menjadi indikasi adanya penyakit yang cukup serius. Nah, sebelum terjadi kerontokan rambut Anda, berikut beberapa penyebab kerontokan rambut:

1. Anemia

Jika selama ini mayoritas orang hanya mengetahui 5L sebagai efek dari anemia, maka ada satu efek lagi dari kondisi ini yang tidak kalah menyebalkan, yaitu kerontokan rambut. Ya, anemia sebagai sebuah dampak dari kekurangan zat besi ternyata juga membuat rambut lebih mudah rontok. Untuk itu, cukupilah kebutuhan tubuh akan zat besi untuk terhindar dari kebotakan karena anemia.

2. Penataan Rambut yang Salah

Tata rambut atau yang dikenal dengan istilahhair-do memang sudah menjadi kebutuhan rutin saat ini, terlebih bagi mereka yang bekerja di industri hiburan. Namun, beberapa prosedur yang tidak terlewatkan dari ritual tata rambut ini, semisal catok dan penggunaan hair dryer, seringkali membuat rambut jadi rusak dan mudah rontok.

3. Obat-obatan

Apa akhir-akhir ini Anda memang sedang menjalani terapi yang mengharuskan mengkonsumsi obat-obatan secara rutin? Jika iya, mungkin inilah yang menjadi penyebab utama kerontokan rambut yang Anda alami. Beberapa obat seperti obat artritis, asam urat, antidepressan, obat jantung, obat tekanan darah, pil KB, dan bahkan suplemen vitamin A memang diketahui membawa efek samping berupa kerontokan yang cukup parah pada rambut. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan pada dokter dan mintalah alternatif obat lainnya sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kebotakan misalnya.

4. Stres

Stres adalah salah satu penyebab rambut rontok yang sering dialami banyak orang. Rambut seringkali lebih mudah rontok ketika seseorang mengalami hal yang menyebabkan stres. Stres menyebabkan rambut lebih cepat rontok dibanding saat-saat biasa.

5. Kekurangan kalori dan nutrisi

Biasanya seseorang yang sering melakukan diet dapat menyebabkan efek samping pada terjadinya kekurangan protein, kalori dan nutrisi rambut, sehingga rambut menjadi tidak sehat, lemah dan pada akhirnya rontok, cara mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang dan bergizi tinggi.

Itulah beberapa penyebab rambut rontok. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan rambut Anda agar terhindar dari masalah-masalah rambut yang tidak diinginkan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagi sumber)