Rajin Olahraga Saat Remaja Bikin Tulang Kuat Diusia Tua

12 Juni 2018 Artikel Kesehatan


Masa depan tulang sesungguhnya ditentukan pada masa anak-anak dan remaja. Selain mengonsumsi kalsium, berolahraga secara teratur akan membuat tulang padat, kuat dan awet sampai masa tua. Rajin berolahraga memang bisa membuat tubuh tetap bugar dan sehat.

Apalagi, jika kebiasaan itu dilakukan sejak kecil, kekuatan dan kesehatan tulang juga bisa terjaga bahkan ketika sudah menginjak usia lanjut .

Peneliti Stuart Warden dari Indiana University School of Health and Rehabilitation Sciences mengatakan, ketika orang mulai berolahraga sejak muda hingga dewasa akan mendapatkan manfaat yang sangat besar. Hasil ini didapatkan setelah peneliti melakukan pengamatan pada 103 pemain baseball profesional.

Mereka membandingkan massa tulang, ukuran dan kekuatan otot mereka selama masih aktif bermain dan setelah pensiun. Ketika muda mereka mengalami peningkatan masa dan kekuatan otot sehingga di masa tua, otot mereka lebih besar dan kuat.

Ketika mereka sudah tak berlatih di usia tua, massa tulang mereka menghilang, namun kekuatan otot mereka tidak. Ketika berusia 80 tahun, pemain yang sudah tak aktif masih memiliki massa tulang dan otot yang baik. Sementara itu, pemain yang masih aktif sampai tua memiliki massa otot 28 persen lebih kuat.

Peneliti berharap agar hasil penelitian ini memberikan dorongan bagi para remaja untuk rajin berolahraga dan melakukan gaya hidup yang aktif agar mereka memiliki tulang dan otot yang kuat bahkan ketika mereka sudah tua.

Hampir semua jenis olahraga baik untuk tulang. Mulai dari yang sederhana seperti joging, berjalan kaki, naik tangga atau lompat tali, sampai olahraga permainan semacam sepakbola, tenis, atau bola basket. Lakukan secara teratur minimal 3 kali dalam seminggu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)