Raih Manfaat dan Khasiat Tomat, Agar Tubuh Selalu Sehat

5 April 2018 Artikel Kesehatan


Tomat memiliki nama latin Lycopersicon Esculentum termasuk salah satu makanan yang menyehatkan di muka bumi ini. Tomat adalah buah yang sangat sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Buah yang biasanya berwarna merah kekuningan ini memang buah yang sering dijadikan sebagai bahan makanan dan juga jus. Rasanya yang keasaman juga membuat buah ini sering digunakan sebagai penyegar

Tomat merupakan buah yang masuk dalam jenis sayuran yang banyak mengandung nutrisi. Karena itu, banyak penelitian dilakukan untuk mengetahui manfaat dari buah tomat. Salah satu penelitian terhadap buah tomat dilakukan oleh Rutgers University in the Endocrine Society’s, menemukan bahwa buah tomat punya banyak manfaat dan baik untuk diet harian Anda.

Dalam penelitiannya, tercatat bahwa buah tomat mempunyai kadar hormon adiponektin tinggi yang berfungsi untuk mengatur gula darah serta metabolisme lemak. Sementara adiponektin dikaitkan dengan rendahnya risiko wanita terkena kanker payudara pada wanita pascamenopause.

Adapun kandungan nutrisi yang ada dalam buah tomat antaranya:
1.Vitamin C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
2.Antioksidan lycopene yang mampu melawan kanker
3.Beta-karoten yang membantu membuat kulit Anda lebih tahan terhadap kerusakan akibat sinar UV

Selain itu, bila Anda makan satu buah tomat dalam setiap hari, maka akan memberikan 2 gram serat tambahan sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan baik untu diet.

Selain buah tomat, Anda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran lainnya. Karena buah dan sayuran bisa bermanfaat untuk membantu melindungi Anda dari resiko tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, stroke, dan juga penyakit jantung.

Dengan beberapa fakta di atas, tidak usah ragu lagi untuk mengkonsumsi tomat setiap hari dan Anda akan merasakan manfaat buah yang relatif murah dan mudah didapat ini ternyata menyimpan banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kehidupan sehari-hari.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)