Rahasia Tersembunyi dari Kedelai Edamame

16 April 2019 Artikel Kesehatan


Edamame umumnya di Indonesia dikenal dengan kedelai dari Jepang. Edamame adalah salah satu super foods yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat, dan protein. Edamame adalah satu-satunya sayuran yang dapat memberikan Anda 9 asam amino esensial yang biasanya Anda dapatkan dari daging ataupun telur. Secangkir edamame mengandung 120 kalori, 9 gram serat, 2.5 gram lemak, 11 gram protein, dan 13 gram karbohidrat. Selain itu edamame juga rendah karbohidrat dan lemak.

Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi edamame:
1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang edamame mengandung kandungan antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jika rajin mengkonsumsi kacang edamame, Anda akan terhindar dari pengaruh cuaca yang tidak menentu yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda. Dengan sistem kekebalan yang baik dari pengaruh antioksidan ini, Anda dapat terhindar dari serangan kanker.

2. Mengurangi risiko kanker
Kandungan isoflavinnya yang tinggi juga bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker prostat maupun kanker payudara. Isoflavin merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

3. Meringankan gejala menopause
Adapun manfaat edamame lainnya yaitu data meringankan gejala menopause. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E, A, dan vitamin lainnya yang mampu meningkatkan keremajaan kulit hingga memperbaiki sel organ dalam terpenting bagi tubuh. Kandungan vitamin E juga bermanfaat dalam menyuburkan rambut dan mengurangi penurunan pigmen di rambut sehingga warnanya tidak mudah berubah menjadi putih.

4. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung
Kacang ini memiliki manfaat untuk menghindarkan Anda terserang penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang secara aktif dapat menghancurkan lemak menumpuk didalam tubuh sebagai penyebab terjangkitnya penyakit jantung dan darah tinggi. Kacang ini juga berkhasiat sebagai zat anti inflamasi sehingga rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan dapat disembuhkan dengan cepat ketika Anda mengkonsumsi kacang ini.

5. Baik untuk sistem pencernaan
Edamame mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kineja sistem pencernaan pada manusia. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena serat akan membantu Anda dalam mengecilkan ukuran perut. Bukan hanya itu saja, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini memberikan manfaat lebih untuk memberikan rasa kenyang yan lebih lama sehingga Anda dapat menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar.

Bagaimana, tertarik mengonsumsi edamame?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)