Rahasia Kulit Wajah Sehat dan Cantik dengan Daun Mint

8 Mei 2015 Artikel Kesehatan


Daun mint biasa digunakan sebagai penyedap aroma dan rasa pada makanan. Selain itu, daun mint juga memiliki ragam manfaat untuk tubuh. Banyak sekali tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh. Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli krim kecantikan atau perawatan mahal di salon. Selain bisa menimbulkan efek samping, bahan kimia dalam berbagai produk kosmetik bisa saja merusak wajah Anda. Jika ingin memiliki kulit sehat dan cantik, cukup punya tanaman mint saja di rumah.

Berikut cara untuk mempercantik dan menjaga kesehatan kulit dengan daun mint.
1. Menyembuhkan jerawat


Tanaman herbal yang memiliki rasa segar ini memiliki kandungan mentol yang mendinginkan wajah. Mint juga kaya salicylic acid yang bersifat antibakteri. Senyawa ini akan membunuh bakteri serta membantu meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan jerawat.

2. Hilangkan bekas jerawat

Setelah jerawat bisa disembuhkan, teruskan pemakaian masker mint karena membantu jerawat hilang tanpa bekas. Jika terlanjur memencet jerawat dan meninggalkan bekas, Anda juga bisa memakai masker mint karena akan membantu menghilangkan bekas jerawat. Terapkan setiap malam sebelum tidur.

3. Menghaluskan dan mengecilkan permukaan pori-pori

Daun mint bersifat astringent, yaitu mengecilkan pori-pori dan menghaluskan permukaan kulit. Anda bisa menghaluskan daun mint dan menerapkan sebagai masker wajah. Anda juga bisa mencampurkan air mawar dan mentimun untuk face mask daun mint lebih efektif.

4. Mencerahkan kulit

Campur daun mint dengan tepung beras dan air mawar. Oleskan sebagai masker dan gosokkan merata ke wajah. Cara ini akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati, mencerahkan kulit wajah, dan membersihkan kulit dari keriput serta flek hitam karena lingkungan.

5. Mengatasi kulit berminyak

Kandungan antioksidan dalam dan mint sangat kuat dan bahkan bisa menutrisi dan mengencangkan kulit. Buat campuran daun mint dengan madu dan jadikan masker. Bisa juga daun mint direbus dan dijadikan air mencuci wajah sebelum tidur untuk mengurangi minyak di kulit.

Nah, itu tadi beberapa manfaat super daun mint untuk perawatan kulit Anda. Selain tidak memiliki efek samping, daun mint juga merupakan bahan kosmetik yang alami serta murah meriah. Semoga bermanfaat.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)