Rahasia Kulit Cantik Perempuan Prancis

29 September 2010 Artikel Kesehatan


Lupakan pakaian atau perhiasan mewah. Sebab, kulit cantik merupakan aksesori terbaik bagi setiap perempuan. Bagaimana cara menjaganya supaya tetap sehat, kenyal, dan bercahaya?

Kulit merupakan cerminan kesehatan dan gaya hidup kita secara keseluruhan. Pola makan dan pola tidur yang buruk bisa berdampak negatif bagi kecantikan kulit. Langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk mempertahankan kecantikan dan keindahan kulit? Simak sejumlah tips dari perempuan Prancis berikut ini:

Hidrasi
Air putih merupakan kunci untuk mendapatkan kulit sehat. Minum segelas air putih begitu bangun di pagi hari, dan segelas sebelum tidur di malam hari, serta sedikitnya enam sampai delapan gelas sepanjang hari. Tambah asupan air ketika Anda bepergian atau berolahraga.

Perlancar sirkulasi
Ketika mandi, mula-mula basahi tubuh dengan air hangat untuk membuka pori-pori (hindari daerah wajah). Setelah itu, guyur tubuh dengan air dingin untuk menutup pori-pori. Kombinasi air hangat dan air dingin itu berguna untuk ''mengejutkan'' sistem saraf dan mengirimkan sinyal peringatan ke otak, sehingga membawa darah dan rona pada kulit.

Kompres wajah
Hindari membasuh wajah menggunakan air hangat karena dapat memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, kulit lambat laun merenggang dan longgar. Sebaiknya, gunakan air suam-suam kuku atau air dingin untuk mencuci wajah dan leher. Sebagai ritual pagi hari, letakkan sepotong es batu ke dalam sehelain kain. Lalu kompres lembut ke wajah, terutama di area sekitar mata.

Tangkal matahari
Oleskan tabir surya ke kulit menggunakan losion dengan SPF 15 atau 30 setiap hari. Jika berencana berenang atau berjemur lama di bawah terik matahari, kenakan losion dengan SPF 50 satu jam sebelum beraktivitas. Ulangi mengoleskan tabir surya setiap satu jam sekali.

Bersihkan wajah
Jangan pernah beranjak tidur tanpa membersihkan dulu rias wajah secara sempurna. Anda bukan hanya membiarkan kotoran, make up dan minyak terserap ke dalam kulit sepanjang malam, melainkan juga memindahkannya ke atas bantal, yang kemudian menumpuk dan menempel lagi ke wajah di malam berikutnya.

Perlakuan lembut
Rawat kulit dengan lembut dan hati-hati, terutama kulit di sekitar mata dan leher yang tipis. Setelah membasuh muka, tepuk-tepuk wajah dengan tisu secara lembut. Jangan menyapu atau menggosoknya ke wajah dengan kasar.

Untuk membersihkan make up mata, sebaiknya gunakan make up remover berbasis minyak, yang mempermudah Anda membersihkan riasan tanpa harus menggosok kulit dengan kuat. Gunakan satu atau dua tetes minyak zaitun setiap malam untuk dioleskan ke wajah dan leher, sebagai pengganti krim malam. (LI/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com