Rahasia Khasiat Buah Pome bagi Kesehatan

13 Februari 2014 Artikel Kesehatan


Buah pomegranate atau yang lebih dikenal dengan buah pome memiliki rasa yang menyegarkan. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah efek buruk yang disebabkan oleh makanan tidak sehat, misalnya junk food.

Rasanya segar, asam manis, bahkan bagi wanita buah ini pas untuk dijadikan pengganti cemilan. Pome juga dipercaya dapat dimanfaatkan untuk menjaga berat badan bahkan untuk menurunkan berat badan, terlebih jika Anda suka makanan manis, biji buah pome bisa dijadikan cemilan yang lebih sehat.

Buah warna merah dengan biji berbentuk bulatan-bulatan di bagian dalam buah sangat baik untuk kesehatan. Buah pome mengandung antioksidan yang tinggi, kaya serat dan rendah kalori. Sehingga. Biji buah pome bisa menjadi alternatif yang enak dan sehat sebagai camilan manis.

Penelitian yang dilakukan di Spanyol membuktikan bahwa buah pome mampu menjaga pembuluh darah tetap sehat, menurunkan kolesterol, dan mencegah serangan jantung dan stroke. Buah pome bahkan disebutkan dapat memperbaiki kerusakan dalam tubuh yang disebabkan makanan yang tidak sehat.

Perlu diketahui juga, makanan yang kaya akan poliferol dari buah pome ini akan mencegah dan memperlambat disfungsi endotel. Disfungsi endotel ini bisa menjadi tanda awal terjadinya masalah aterosklerosis dan stroke.

Dari penemuan para ahli diketahui bahwa manfaat pome ini sudah disadari sejak lama. Penelitian terdahulu juga menyebutkan bahwa minum jus pome (delima) setiap hari akan membuat aliran darah ke jantung menjadi lebih baik. Sangat cocok bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol untuk mencegah tersumbatnya pembuluh darah.

Dalam sejarah bahkan disebutkan bahwa buah pome adalah lambang kesuburan dan keabadian. Tampaknya hal itu tidak salah, karena manfaat buah pome ternyata memang sangat hebat untuk menjaga kesehatan manusia.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)