Rahasia Green Tea untuk Kesehatan

7 Oktober 2019 Artikel Kesehatan


Green tea atau teh hijau merupakan minuman yang berasal dari tumbuhan Camellia sinensis. Teh jenis ini mulai populer dari Cina dan menyebar hingga ke budaya Barat. Berbagai olahan yang berbahan dasar teh hijau, mulai dari makanan, minuman, hingga produk suplemen. Akhir-akhir ini, green tea nampaknya sedang naik daun. Namanya seringkali terpampang di daftar menu rumah makan atau kafe. Peminatnya pun terbilang banyak, makanan atau minuman dengan rasa green tea cepat sekali ludes diserbu pembeli. Entah karena menyukai rasanya atau telah mengetahui manfaatnya, para pecinta kuliner menggemari green tea. Mengonsumsi bahan ini secara teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berikut beberapa manfaat dari green tea untuk kesehatan:
1. Antioksidan

Tahukah Anda, bahwa stres dan polusi dapat menyebabkan sel-sel tubuh Anda mengalami radikal bebas? Radikal bebas ini jika tidak diatasi bisa berpotensi menyebabkan kanker. Nah, untuk mencegahnya adalah dengan mengonsumsi banyak antioksidan, dan green tea ini kaya akan antioksidan tersebut.

2. Mencegah kanker
Hal ini dapat mengurangi risiko terserang kanker, tetapi juga banyak berpikir untuk membunuh sel kanker secara umum tanpa merusak jaringan sehat di sekitar mereka. Polyphenol yang terdapat dalam green tea merupakan antioksidan paling potensial. Di mana bisa mencegah penyebaran pertumbuhan sel kanker dalam darah. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang minum green tea secara berkala bisa mengurangi risiko kanker payudara, perut, usus, maupun kanker prostat.

3. Mencegah penyakit jantung
Penyakit seperti serangan jantung dan stroke adalah penyebab utama kematian. Nah, green tea ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, yang membantu mencegah terjadinya penyakit tersebut.

4. Diabetes
Beberapa studi menemukan bahwa green tea dapat menurunkan gejala diabetes tipe 2. Namun sayangnya penelitian yang lain belum menemukan hasil yang mendukung. Meskipun demikian, demi kesehatan Anda, ada baiknya mengganti kopi manis Anda dengan green tea. Hal tersebut juga dapat mengurangi konsumsi gula Anda.

5. Awet muda
Green tea juga dapat berperan sebagai anti-aging. Kandungan dalam green tea akan mencegah kerusakan kulit Anda. Banyak sekali produk yang menggunakan green tea sebagai bahan dasar. Tapi cara terbaik tetaplah dengan mengonsumsinya secara langsung.

Semoga bermanfaat bagi Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)