Rahasia Cantik Alami dengan Masker Air Cucian Beras

2 September 2019 Artikel Kesehatan


Beras yang merupakan makanan pokok orang Indonesia ternyata mengandung segudang manfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Tidak hanya sebagai pemenuh kebutuhan karbohidrat pada makanan Anda, beras sebelum dimasak pastinya dicuci terlebih dahulu. Nah, air cucian beras tersebutlah yang katanya mampu merawat kecantikan wajah. Bagaimana sih penjelasannya? Yuk simak ulasan berikut.

Pada dasarnya beras memiliki kandungan yang didominasi oleh pati, protein, vitamin, mineral dan air. Air beras yang biasanya disebut "Air Tajin" seringnya dibuang begitu saja ternyata mampu membuat wajah Anda putih berseri, cerah alami serta mampu menghilangkan noda hitam bekas jerawat ataupun flek-flek.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dan dapat digunakan secara rutin, berikut merupakan langkah praktis membuat masker air beras yang bisa digunakan secara rutin:

  • Jangan buang air cucian beras yang pertama, karena dari situlah semua kandungan beras masih sangat kompleks dan berkhasiat.
  • Siapkan wadah gelas dan simpan di dalamnya. Ukuran gelas bisa kita sesuaikan dengan berapa banyak atau sebanyak apa masker yang ingin kita hasilkan. Umumnya ukuran gelas kecil bisa menghasilkan 2 hingga 3 kali pakai masker atau untuk 3 orang.
  • Simpan di kulkas dan didiamkan sekitar 2 jam. Setelah itu, endapan air beras yang menggumpal dan kentalah yang kita pakai untuk dijadikan masker.

Bersihkan terlebih dahulu wajah dari sisa make-up atau kotoran - kotoran yang menempel supaya tidak membuat kotoran yang menimbun. Barulah oleskan masker yang telah Anda buat lalu tunggu 15 menit sampai masker mengering merata, baru bilaslah dengan air hangat.

Resep ini juga merupakan rahasia cantik alami yang sering dilakukan oleh para wanita di Jepang sana. Tak heran bukan kulit wanita Jepang begitu cantik. Dengan bahan alami, kini Anda akan mendapatkan hasil yang lebih natural dan mengurangi resiko bahan kimia yang berbahaya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)