Punya Bintik Putih pada Kuku? Hati- Hati

10 Agustus 2018 Artikel Kesehatan


Jika Anda tergolong orang yang suka mengabadikan kesehatan kuku maka ini perlu diperhatikan. Sebab, kesehatan pada kuku juga perlu dijaga. Hal ini dilakukan karena juga punya pengaruh besar bagi kesehatan tubuh. Suatu ketika Anda mendapati ada bintik putih pada kuku Anda. Sebagian orang bilang kalau bintik putih ini adalah sinyal bahwa tubuh kurang sehat. Benarkah?

Dalam dunia kesehatan, bintik putih ini penyebab sebenarnya adalah karena orang tersebut sedang dalam trauma ringan atau sedang ketika punya kuku yang sedang tumbuh. Secara umum, pertumbuhan kuku ini memang lebih cenderung agak lambat. Hal seperti ini terjadi karena kurang sadarnya seseorang akibat trauma yang terjadi pada minggu-minggu sebelumnya. Dengan itulah muncul bintik-bintik putih ini

Kondisi yang seperti ini memang sangat rentan sekali dengan kondisi tubuh. Jika dalam kondisi seperti ini biasanya tubuh sedang kekurangan atau kelebihan vitamin atau kalium. Bintik putih ini secara umum memang lebih banyak tumbuh di bagian tangan. Tapi terkadang juga tumbuh di jari kaki.

Dalam kenyataanya, pertumbuhan kuku yang mengalami cedera ini memang agak lambat. Dengan itu, bagian pada luka ini bisa terjadi hingga berminggu-minggu sebelum ada noda putih yang ada pada kuku Selain karena trauma ringan atau kekurangan vitamin, bintik putih sebenarnya merupakan tanda adanya infeksi ringan pada kuku. Selain itu juga bisa saja karena adanya efek samping dari obat tertentu.

Jadi ketika Anda mengkonsumsi obat kemudian muncul bintik putih maka bisa jadi itu merupakan reaksi dari obat-obatan tersebut, tanda ini bukan semata-mata seperti orang dulu yang katanya dikagumi orang jika punya bintik putih. Jika hanya satu dua bintik maka itu tidak perlu dikahwatirkan. Tetapi juga bintik putih ini begitu banyak pada kuku maka hal seperti ini yang perlu diwaspadai

Dalam keadaan yang seperti itu besar kemungkinan ada suatu kondisi yang begitu serius di dalam tubuh Anda. Jadi bisa saja itu merupakan gejala diabetes, anemia dan yang lain. Jika Anda dalam kondisi seperti itu maka segeralah pergi ke dokter atau para medis terdekat terkait apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh Anda.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)