Puncak Kebahagiaan Justru di Usia 80!

7 April 2011 Artikel Kesehatan


Kebahagiaan akan muncul seiring dengan penambahan usia, menurut penelitian ilmiah. Para ilmuwan mengklaim usia terbaik seseorang untuk merasa bahagia yakni di usia 80-an.

Ini tentu mematahkan persepsi umum bahwa masa muda adalah masa yang paling menyenangkan dan suia 40 merupakan tanda bahwa masa bersenang-senang mesti berakhir

Namun, pada kenyataannya, kepuasan dan optimisme terus meningkat setelah usia paruh baya dan memuncak hingga usia 80-an, seperti dikutip dari The Telegraph Senin (4/4).

Berkurangnya tanggung jawab pada usia paruh baya dikombinasikan dengan kedewasaan dan kemampuan untuk lebih fokus pada hal-hal yang kita nikmati membuat usia tua jauh lebih menyenangkan daripada yang disangka.

Apalagi bila didukung kesehatan yang baik, penghasilan yang stabil, dan hubungan sosial baik dengan keluarga dan teman-teman, menurut para ilmuwan. Lewis Wolpert, profesor emeritus biologi di University College London menjelaskan temuan ini dalam sebuah buku baru bertajuk You're Looking Very Well. Ia menyebutkan kebanyakan orang merasa senang saat remaja dan usia 20-an. Rasa senang itu menurun hingga mereka wajib mendukung keluarga dan menjajaki karier.

Dia menambahkan, "Tapi kemudian, saat memasuki usia 40-an, orang cenderung menjadi lebih ceria dan optimistis dan perasaan itu akan terus meningkat mungkin mencapai maksimum pada usia 70-80 tahun. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com