Pulihkan Stroke dengan Yoga

15 September 2018 Artikel Kesehatan


Saat ini stroke menjadi momok bagi manusia. Stroke menjadi penyakit ke empat yang cukup mematikan, hal ini berdasarkan laporan dari Center of Control and Prevention (CDC). Stroke terjadi akibat penyumbatan pada pembuluh darah otak dan pecahnya pembulih darah di otak. Dampak serangan stroke ini dapat menyebabkan tubuh lumpuh hingga koma dan bahkan bisa kehilangan nyawa. Dengan usaha yang dilakukan, yaitu dengan pengobatan yang tekun maka stroke dapat dipulihkan. Salah satu cara yang dapat Anda ikuti yaitu dengan yoga.

Yoga bisa membantu pasien pasca stroke untuk tetap rileks dan sekaligus dapat meningkatkan daya konsentrasi. Beberapa gerakan yoga bisa melatih keseimbangan. Tidak hanya itu saja, yoga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan juga menghilangkan ketakutan akan terjatuh. Menikmati setiap gerakan yoga yang dijalani dan pengaturan napas yang baik akan menghasilkan dampak yang positif bagi kesehatan. Di dalam yoga, ada banyak gerakan yang digunakan untuk menenangkan pikiran sekaligus membuat tubuh menjadi bugar. Namun, khusus penderita stroke, ada tahapan atau gerakan yang berguna untuk memulihkan penderita stroke.

Centering atau easy pose
Pada posisi ini, praktisi duduk bersila seperti halnya melakukan meditasi. Dengan sikap ini, maka membuat pikiran menjadi lebih tenang, dan dapat menghindarkan dari stres. Gerakan ini dapat memberikan kesempatan pikiran dan tubuh untuk sinkron, merelaksasi dan menyatukan pikiran serta tubuh.


Olah napas atau pranayama
Posisi tetap pada easy pose (posisi meditasi). Praktisi akan melakukan pernapasan perut, sehingga kapasitas oksigen akan lebih banyak dihirup jika dibandingkan dengan pernapasan dada. Oksigen yang masuk ke dalam darah akan lebih banyak juga.


Tree pose
Pose yoga yang satu ini dapat membantu agar otot menjadi lebih lentur sehingga sambungan saraf lebih cepat membaik. Posisi ini juga berguna untuk menjada keseimbangan tubuh dan menjaga kesabaran. Pose ini dilakukan selama empat tarikan napas.


Gerakan pejuang atau berdiri dengan kaki belakang
Gerakan ini bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh, semangat juga, dan ketegaran di dalam menghadapi permasalahan hidup. Di samping itu juga dapat meningkatkan stamina, menguatkan otot, tulang dan juga sendi.

Banyak sekali manfaat yang di dapat dari yoga, dan hal yang paling penting adalah memulihkan kondisi tubuh menjadi lebih sehat. Untuk menghindari cidera sebaiknya Anda mendapat pendampingan dari instruktur yoga yang berpengalaman.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)