Puasa Ramadan Justru Buat Badan Tambah Gemuk? Perhatikan Hal Berikut Ini!

19 Mei 2019 Artikel Kesehatan


Jika kebanyakan orang kehilangan sebagian berat badan pada bulan puasa, hal yang berlawanan justru terjadi kepada Anda yang mengalami kenaikan berat badan. Sebenarnya, penyebab umum Anda justru tambah gemuk di bulan puasa terletak pada pola makan yang Anda jalani.

Hal-hal seperti melewatkan makan sahur, berlebihan dalam berbuka hingga konsumsi makanan minim nutrisi dan vitamin justru membuat Anda kelebihan berat badan dan malah tambah gemuk di bulan puasa. Lalu, untuk mensiasatinya, berikut merupakan strategi yang bisa Anda terapkan untuk bisa menjaga berat badan selama puasa.

Kurangi Makanan yang Manis-Manis dan Berminyak

Setelah menahan lapar dan haus seharian, minuman dingin ditambah sirup memang selalu menjadi pilihan menu berbuka. Belum lagi menu takjil seperti kolak dan lain-lain yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Meskipun umat muslim disunnahkan untuk berbuka dengan yang manis, pastikan untuk mengonsumsi secukupnya. Karena jika berlebihan, tentu bisa memengaruhi timbangan Anda.

Selain itu, makanan berminyak seperti gorengan juga menjadi menu andalan takjil masyarakat Indonesia kebanyakan. Hindari konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung minyak.

Tidak Absen Untuk Santap Sahur

Melewati makan sahur merupakan salah satu hal yang harus Anda hindari. Pastikan untuk konsumsi makanan yang lama dicerna seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan bulir utuh. Hal ini tentunya bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Hal yang penting lainnya adalah hindari konsumsi minuman berkafein. Karena demikian Anda kan lebih sering buang air kecil dan bisa-bisa membuat tubuh Anda lebih cepat kekurangan cairan.

Tetap Aktif Berkegiatan

Meski sedang berpuasa, tentu hal ini bukan menjadi alasan untuk malas-malasan. Pantas saja jika Anda mengisi waktu berpuasa dengan tidur dan diam seharian di rumah, hal ini justru akan menambah berat badan Anda karena tak ada kalori yang terbakar.

Jangan Berlebihan Saat Buka Puasa

Meski sudah seharian menahan lapar dan haus, bukan berarti Anda langsung "balas dendam" dan menyantap lebih banyak makanan saat berbuka. Jangan terburu-buru menyantap semua hidangan yang ada. Pastikan Anda membukanya dengan air putih dan makanan manis seperti kurma terlebih dahulu.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)