Protein Tinggi Terkandung pada Jenis Sayuran Ini Loh!

22 April 2014 Artikel Kesehatan


Manfaat protein bagi tubuh manusia sudah tentu sangat vital. Sebelum kita membahas fungsinya akan lebih baik jika kita memahami dahulu apa itu protein. Protein berasal dari kata Yunani PROTOS yang artinya yang paling utama. Merupakan senyawa organik komplek yang berbobot molekul tinggi dimana merupakan polimer dari monomer-monomer asam amino yang dihubungkan satu sama lain dengan ikatan peptida. Di dalam protein terkandung karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang kala sulfur serta fosfor. Nah oleh karena itu protein tentu sudah sangat penting bagi perkembangan tubuh mahkluk hidup.

Tubuh kita memperoleh protein dari dua sumber, yakni makanan hewani dan nabati. Protein nabati yang lebih kita kenal kebanyakan adalah produk kedelai. Padahal, masih banyak produk nabati lain yang tak kalah kandungan proteinnya.

Meski mengandung protein, namun para ahli mengungkapkan bahwa protein dalam tanaman belum komplet karena tidak mengandung seluruh asam amino esensial. Karena itu untuk mendapatkan berbagai tipe asam amino, Anda tetap perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan.

Berikut adalah sayur yang mengandung protein:

1. Bayam

Anda akan mendapatkan 3 gram protein dalam setiap setengah cangkir bayam.

2. Kacang polong

Dalam setengah cangkir kacang polong terdapat sekitar 3,5 gram protein.

3. Kentang panggang

Ingin mencari sumber protein lainnya? Cobalah kentang panggang. Dalam kentang berukuran sedang terdapat 3 gram protein. Untuk menambahkan jumlah proteinnya Anda bisa menambahkan lelehan keju yang lezat.

4. Jagung

Jagung bukan hanya lezat tapi juga mengandung 2 gram protein dalam setiap setengah cangkirnya.

5. Kol

Jangan remehkan sayuran ini karena dalam setengah cangkir terkandung 2 gram protein, 247 miligram potasium dan 110 mikrogram vitamin K.

6. Brokoli

Sayuran ini bukan hanya kaya serat tapi juga merupakan sumber protein yang baik. Kandungan proteinnya mencapai 2 gram persajian.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari berbagai sumber)