Prenatal Yoga Aman untuk Ibu Hamil

25 Mei 2010 Artikel Kesehatan


Kehamilan adalah peristiwa yang istimewa dalam hidup seorang wanita, apalagi untuk yang baru pertama kali mengalaminya. Tetapi, perubahan hormon yang terjadi di masa kehamilan sering menimbulkan banyak keluhan, mulai dari mual muntah, hingga ketidakstabilan emosi. Dengan yoga, ibu hamil dilatih untuk mencapai keseimbangan antara tubuh yang sehat serta pikiran dan emosi positif.

Prenatal yoga relatif aman untuk ibu hamil, selama gerakan yang dilakukan dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera calon ibu. "Banyak manfaat yang bisa diambil oleh ibu hamil yang melakukan yoga, namun mereka juga harus menyadari keterbatasan gerak akibat perubahan bentuk tubuhnya," kata Dr.Rachel Rohde, ahli bedah ortopedi.

Belum lama ini American Academy of Orthopaedic Surgeons (AAOS) mengeluarkan pernyataan bahwa yoga merupakan alternatif olahraga yang aman untuk ibu hamil tanpa menimbulkan risiko bagi janin dan jantung ibu hamil. Berlatih yoga selama kehamilan akan membantu kekuatan dan kelenturan otot, selain juga melatih pernapasan dan relaksasi.

Kendati demikian, posisi yoga yang tepat sangat penting untuk menghindari cedera. Menurut data Komisi Keamanan Produk AS, di tahun 2008 ada 5.500 orang Amerika yang mengalami cedera akibat latihan yoga.

Untuk para ibu hamil yang tertarik untuk berlatih yoga, para ahli di AAOS merekomendasikan untuk berkonsultasi lebih dulu pada dokter kandungan. Selain itu, pilih latihan yoga yang dirancang khusus untuk ibu hamil. Carilah guru yoga yang menguasai prenatal yoga karena ia akan memandu Anda melakukan berbagai gerakan selain juga membimbing Anda melatih konsentrasi melalui meditasi.

sumber: kompas.com