Pistachio Kurangi Risiko Kanker Paru

15 Desember 2009 Artikel Kesehatan


MENGONSUMSI pistachio (kenari hijau) setiap hari bisa mengurangi risiko kanker paru-paru dan keganasan lainnya. Hal ini, menurut peneliti dari University of Texas M.D. Anderson Cancer Center, karena kenari hijau kaya kaya tipe vitamin E yang dikenal dengan gamma-tocopherol.

"Vitamin E dikenal memberikan perlindungan dalam melawan beberapa jenis kanker. Asupan gamma-tocopherol tinggi bisa mengurangi risiko kanker payudara," tutur peneliti Ladia M. Hernandez, seperti dikutip situs healthday.

"Kenari hijau merupakan salah satu jenis kacang yang bagus untuk Anda, dan 2 ounces per hari bisa dipadukan ke dalam diet untuk mengurangi risiko kanker payudara tanpa menyebabkan perubahan signifikan terhadap indeks massa tubuh," tambah Hernandez.

Sumber makanan lain yang juga kaya gamma-tocopherol, tambah Hernandes, termasuk kacang tanah, kemiri, walnut (sejenis kemiri), kacang kedelai dan minyak jagung.

Dalam studi ini, para peneliti melibatkan 36 partisipan. Sebanyak 18 diminta mengonsumsi 68 gram (sekitar 2 ounces atau 117 biji) kenari hijau sehari selama 4 minggu dan 18 orang (sebagai kelompok pengontrol) tidak menambah kenari hijau ke dalam diet normal mereka. (OL-08)

sumber: mediaindonesia.com/mediahidupsehat