Pisang Ampuh Kurangi Stres dan Bikin Otak Cerdas

3 Maret 2014 Artikel Kesehatan


Pisang adalah jenis tumbuhan yang banyak ditemukan di Indonesia. Kita dapat menemukan pisang hampir diseluruh pulau di Indonesia. Ada banyak sekali jenis pisang yang ada di Indonesia, seperti: pisang raja, pisang ambon, pisang nangka dan sebagainya. Pisang merupakan salah satu buah yang di gemari oleh semua lapisan masyarakat dari berbagai usia. Ini dikarenakan, buah ini mudah di dapatkan di semua tempat serta dengan harga yang relatif terjangkau. Buah ini sangat cocok sebagai makanan pencuci mulut setelah makan. Maka dari itulah, banyak di antara kita yang menghidangkan buah ini di menu hariannya.

Selain rasanya yang manis dan enak buah pisang merupakan sumber energi instan sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan energi dalam kegiatannya, seperti olahragawan dan pekerja keras, selain itu pisang ternyata juga sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak nutrisi serta termasuk makanan yang mudah dicerna dan tentunya sangat digemari oleh siapa saja.

Berikut manfat lain dari buah pisang:
1.Meningkatkan daya otak.

Di sebuah sekolah di Inggris, 200 orang pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya karena membiasakan diri sarapan dengan pisang. Ratusan pelajar ini juga kerap mengonsumsi pisang disaat jam istirahat dan jam makan siang. Alasannya, pisang dapat meningkatkan kemampuan otak. Sekolah Inggris tersebut merupakan responden sebuah riset, dan membuktikan bahwa kandungan potasium pada pisang membuat para pelajar jadi lebih aktif dalam proses belajar.

2.Mengurangi stres.
Pisang mengandung potasium yang merupakan mineral penting untuk membantu menormalkan detak jantung. Zat-zat yang terkandung dalam pisang akan mengirimkan oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kelembaban dalam tubuh. Potasium dalam tubuh akan berkurang drastis ketika seseorang mengalami stres dan menyebabkan metabolisme tubuh meningkat secara dramatis. Dengan memakan pisang, kadar potasium dalam tubuh akan seimbang.

3.Manfaat bagi penderita maag.
Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus, sebab teksturnya lembut. Pisang juga dapat menetralkan kelebihan asam lambung dan melapisi perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Anda dapat mengkonsumsinya dengan di campur pada segelas susu cair.

4.Gizi untuk ibu hamil.
Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengonsumsi pisang sebab mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin. Pisang akan membantu pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat saat kelahiran bayi.

5.Meningkatkan sistem kekebalan
Buah pisang kaya akan vitamin B6 yang diperlukan untuk produksi antibodi, juga memiliki vitamin C yang dapat membantu tubuh untuk bertahan melawan infeksi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat dari buah pisang ini. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah makan pisang hari ini?

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)