Pilah-Pilih Tas Punggung Aman

26 Agustus 2009 Artikel Kesehatan


Tas punggung kini semakin banyak digunakan oleh anak-anak dalam beraktivitas. Saat berangkat ke sekolah, tas itu akan diisi dengan beragam alat tulis seperti pulpen, buku, kertas, penggaris dan lain-lain.

Sayangnya, tidak semua tas punggung cocok bagi bentuk tubuh si kecil. Jika ditambah dengan beban yang berat didalam tas setiap hari, bisa jadi hal itu memicu permasalahan kesehatan pada anak.

Untuk mencegah hal itu, US National Safety Council menawarkan beberapa panduan dalam memilih tas punggung, antara lain:
Cari tas punggung yang menawarkan sistem khusus yang membuat beban lebih ringan, nyaman serta aman.Pilih tas punggung dengan bantalan atau padding di bagian belakang untuk meminimalkan tekanan.Cari tas punggung yang memiliki tali di sekitar pinggang dan dada lebih baik dalam membagi beban.Tas punggung yang memiliki banyak kantong atau bagian lebih baik, untuk membantu mendistribusikan beban dari peralatan yang ada didalam tas.Pilih tas dengan tali yang dapat disesuaikan, di bagian bawah atau samping dari tas punggung sehingga posisi tas lebih dekat dengan punggung.Cari bahan tas yang menyala atau terang sehingga anak Anda bisa lebih terlihat ketika berada di kegelapan. (healthday/rin)Sumber: Republika Online (republika.co.id)