Perut Kembung? Simak 5 Tips Mudah Hindari Perut Kembung

31 Maret 2019 Artikel Kesehatan


Perut kembung terkadang sering terjadi karena beberapa hal. Salah satunya adalah makanan yang Anda konsumsi dan pola makan yang salah. Bagi wanita, perut kembung juga biasanya terjadi pada hari-hari menjelang datang bulan. Hal tersebut disebabkan oleh fluktuasi kadar hormon.

Tentu saja mengalami perut kembung membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun, seperti dilansir dari besthealthmag.com, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menghindari sensasi perut kembung.

Hindari minuman bersoda

Minuman bersoda seperti Anda ketahui memiliki efek membuat perut Anda kembung. Tak jarang pada saat Anda selesai meminum minuman bersoda, pasti Anda akan sering bersendawa disertai sensasi perut kembung. Hindari minuman bersoda jika tidak ingin perut Anda kembung.

Olahraga

Ingin menghindari perut kembung? Jawabannya adalah olahraga. Melakukan aktifitas olahraga 30 menit dalam sehari akan menghindarkan Anda dari kembung. Makanan yang dicerna oleh tubuh akan bergerak lebih cepat.

Kurangi stres

Tahukah Anda bahwa stress dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda? Ya, stres dapat mempengaruhi pencernaan sehingga akan menambah jumlah gas dalam tubuh. Berpikir lebih rileks akan menghindarkan tubuh Anda dari kembung.

Makan perlahan

Jika Anda selalu mengalami perut kembung setelah makan itu berarti Anda terlalu cepat dalam mengunyah makanan. Makan dengan perlahan akan menghindarkan Anda untuk menelan udara. Makanlah dengan santai, sehingga makanan dapat dicerna dengan sempurna.

Hindari sayuran mentah

Poin ini merupakan salah satu faktor yang paling sering terjadi dalam perut kembung. Mengonsumsi sayuran mentah seperti brokoli dan kubis akan meningkatkan gas dalam tubuh Anda. Hindari konsumsi sayuran mentah tersebut jika tidak ingin mengalami perut kembung.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)