Perubahan Tubuh Perempuan Usia 30-an

23 Februari 2012 Artikel Kesehatan


Selamat datang di usia 30-an! Mungkin Anda merasa atau terlihat sama saja seperti beberapa tahun lalu, tetapi tubuh jelas berubah. Sedikit demi sedikit. Semua perubahan tersebut normal adanya, sejalan dengan bertambahnya usia. Bisa jadi Anda merasa sedikit melambat, bisa juga Anda merasa berada pada usia puncak.

Lalu, perubahan apa saja yang terjadi pada tubuh ketika menginjak usia 30-an? Menurut situs Healthy Woman, perubahan tersebut adalah:

1. Berat badan akan bertambah sejalan dengan melambatnya proses metabolisme. Karena itu agar berat badan tetap seimbang, penting untuk berolahraga, biasanya yang berbau aerobik, seperti jalan, jogging, bersepeda, atau berenang. Juga diimbangi dengan pola makan seimbang dan sehat, konsumsi makanan yang lemak jenuhnya rendah, banyak menyantap buah dan sayuran, mengurangi makanan jadi dan fast food.

2. Kulit mulai memudar kecerahannya dan bisa jadi akan mulai muncul keriput halus di wajah. Itu disebabkan sel kulit yang baru terbentuk tidak secepat sebelumnya. Proses tersebut akan berkelanjutan seumur hidup.

3. Walau tak terlihat, tulang mulai kehilangan massanya dan dapat mengarah ke penyakit osteoporosis. Otot kehilangan kekenyalannya, yang akhirnya akan memengaruhi kebugaran, kekuatan, dan keseimbangan. Agar risikonya berkurang, pastikan pola makan Anda kaya kalsium dan tetap aktif melakukan latihan olahraga.

Sumber: sehatnews.com, kompas.com